Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya 2021, Ini Target Sasarannya

Polda Metro Jaya mulai hari ini melakukan operasi patuh jaya 2021 untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat

Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya 2021, Ini Target Sasarannya
Photo: TMC Polda Metro

TRENOTO – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menggelar operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Patuh Jaya 2021 mulai Senin, 20/09. Disebutkan bahwa polisi memiliki empat target operasi yang diutamakan dalam operasinya kali ini.

Operasi Patuh Jaya 2021 dilakukan untuk memberika rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Selain itu, di masa PPKM level tiga seperti saat ini sangat penting untuk mencegah adanya kerumunan massa.

“Operasi Patuh Jaya kali ini diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah kecelakaan. Yang terpenting, Operasi Patuh Jaya kali ini diharapkan bisa menurunkan level PPKM di wilayah Jawa-Bali dan luar Bali,” ucap Kombes Sambodo Yugo Purnomo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Sementara itu, penggunaan knalpot bising, rotator dan balap liar akan menjadi target utama penindakan selama 14 hari ke depan. Dikatakan bahwa disiplin lalu lintas adalah salah satu simbol kemajuan masyarakat dan polusi suara adalah pelanggaran.

“Polusi suara sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. Polusi suara menjadi awal terjadinya pidana karena ketersinggungan, terjadinya perkelahian bahkan penganiayaan,” kata Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya seperti dikutip Antara.

Tidak hanya knalpot, aparat kepolisian juga mengicar penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Photo : TMC Polda Metro

“Bagi pelanggaran lampu rotator yang tidak sesuai peruntukkan akan diberikan edukasi pemahaman. Bahwa penggunaan lampu rotator ada ketentuannya,” lanjutnya.

Lalu Operasi Patuh Jaya 2021 yang digelar hingga 3 Oktober 2021 ini juga mengincar kegiatan balap liar. Kegiatan ini ditenggarai banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan dan klaster penularan covid-19.

“Kerumunan akibat balapan liar perlu kita urai bersama, agar Ibu Kota ini semakin aman, semakin nyaman khususnya di malam hari pada weekend,” jelas Fadil.

Selain itu, operasi kali ini tidak hanya menjaga ketertiban lalu lintas di jalan. Namun meningkatkan kenyamanan di masyarakat, dengan cara menggalakkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan covid-19.

Adapun kegiatan Operasi Patuh Jaya tidak hanya sekedar melakukan penertiban, namun juga upaya pencegahan. Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Metro Jakarta Timur dengan membagikan masker kepada para pengendara.

Hal ini dikatakan merupakan tindakan humanis kepada para pengendara dalam rangka menerapkan protokol kesehatan.

Artikel Terkait