Render Kawasaki Z250 Bermesin ZX-25R Muncul ke Permukaan

Kawasaki Z250 dikabarkan akan menggunakan mesin empat-silinder segaris seperti yang telah digunakan oleh Kawasaki Ninja ZX-25R

Render Kawasaki Z250 Bermesin ZX-25R Muncul ke Permukaan
Photo: Young Machine

TRENOTO – Kawasaki Z250 dikabarkan akan mengusung mesin Ninja ZX-25R empat-silinder. Langkah ini diambil seiring popularitas yang dialami Ninja ZX-25R sejak kehadirannya pertama kalinya.

Kawasaki Ninja ZX-25R pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor seperempat liter empat-silinder tersebut sudah menjadi buah bibir sejak beberapa tahun belakangan.

Setelah dua tahun dipasarkan, beredar kabar bahwa pabrikan asal Jepang tersebut tengah mengembangkan versi terbarunya. Mesin empat-silinder buatan Geng Hijau ini akan disandingkan pada model naked bike.

Mesin empat-silinder kapasitas kecil sebenarnya bukanlah barang baru di dunia otomotif. Namun seiring dengan perkembangan zaman, jenis jantung pacu ini dianggap tidak praktis dan efisien.

Guna mewujudkannya mesin berkapasitas kecil hingga sedang, disematkan mesin satu silinder hingga dua kembar. Lalu Kawasaki mendobrak kebiasaan dengan memunculkan mesin 250 cc empat-silinder.

Ninja seperti diketahui merupakan nama model Kawasaki untuk motor jenis sport fairing. Tampilannya jelas lebih sporti dan lebih mengedepankan performa dan aerodinamis.

Dua tahun merupakan waktu yang cukup untuk mengembangkan model terbaru. Mesin sensasional tersebut dipasangkan pada sasis model naked yakni ZX250.

Photo : KMI

Mesin adalah poin penting sebagai keunggulan untuk ZX-25R. Sumber dayanya berkapasitas 249 cc DOHC empat-silinder segaris, dipercaya mampu menghasikan daya maksimal hingga 50 hp.

Sumber tenaga kendaraan ini dikatakan mampu dipacu hingga 187 km/jam dengan rpm melebihi 17.000. Mesinnya sendiri diatur oleh Electronic Throttle Valve (ETV) membuat percampuran udara dan bahan bakar sempurna.

Salah satu rahasia kemampuan Kawasaki Ninja ZX-25R adalah fitur Ram Air Duct System. Posisinya berada di tengah dan mampu memberikan daya tambahan di putaran atas.

Fitur yang dikembangkan dari Ninja H2 ini dikatakan mampu mengangkat daya maksimum sebesar 0.9 hp saat kecepatan menyentuh angka 100 km/jam.

Tenaga dari mesin lalu disalurkan oleh sistem transmisi manual enam-percepatan. Lebih jauh pengendara akan lebih menikmati akselerasi kendaraan dengan bantuan assist & slipper clutch.

Proses perpindahan gigi baik ke atas (upshift) maupun ke bawah (downshift) menjadi kian mudah dan cepat.

Semoga saja rumor tersebut di atas menjadi kenyataan lalu model tersebut masuk dan dipasarkan di Indonesia.

Artikel Terkait