Riding di Jalan Licin Awas Motor Gampang Tergelincir

Riding di jalan licin penuh dengan risiko jadi Anda harus berhati-hati dan perhatikan langkah-langkah antisipasinya

Riding di Jalan Licin Awas Motor Gampang Tergelincir
Photo: Istimewa

TRENOTO – Riding di jalan licin terutama setelah hujan tentu penuh dengan risiko. Sewaktu-waktu jika tidak berhati-hati bukan tidak mungkin motor Anda akan slip dan bisa saja tergelincir.

Ada beberapa trik tersendiri agar riding di jalan yang licin tetap aman dan nyaman. Dalam hal ini keselamatan adalah hal paling penting yang tentu harus selalu diutamakan.

Berikut 6 langkah aman berkendara di jalan yang licin agar selamat sampai tujuan

1. Perhatikan Kondisi Ban

Sebelum berkendara, mulai sekarang Anda harus selalu mengecek kondisi ban. Minimal cek kondisi kembangnya berikut juga tekanan angin ban.

Jika permukaan ban sudah mulai botak atau kondisi anginnya tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, sebaiknya harus segera diambil tindakan.

2. Pastikan untuk Menjaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman punya kaitan erat dengan gerakan untuk menghindar jika sewaktu-waktu kecepatan kendaraan di depan melambat Anda masih bisa mengimbanginya dengan pengereman yang terukur. Jika terlalu dekat kemudian Anda melakukan hard breaking tentu bisa menimbulkan masalah apalagi saat berkendara di permukaan basah dan licin.

3. Sesuaikan Kecepatan

Jangan paksakan untuk memacu motor Anda saat berkendara di jalan yang licin. Jangan pernah terpancing untuk melaju lebih cepat baik saat jalan kosong apalagi saat berbelok. Ingat, cara terbaik untuk melalui tikung adalah slow in fast out atau kurangi kecepatan saat masuk tikungan dan boleh menambahnya saat sudah melewatinya.

4. Beri Perhitungan Matang Sebelum Menyalip

Jika ada kesempatan menyalip kendaraan di depan, pastikan Anda sudah melalukan perhitungan yang tepat atau jika kondisi jalan sudah dirasa aman. Pastikan tidak ada kendaraan dari arah berlawanan jika Anda hendak menyalip di jalan dua arah.

5. Hindari Genangan

Pastikan Anda harus selalu menghindari genangan karena sangat berbahaya. Salah satunya adalah ada kemungkinan ban motor Anda akan kehilangan traksi pada kondisi tersebut. Belum lagi bisa saja ada lubang di balik genangan, salah-salah Anda bisa terjungkal jika tidak mengantisipasinya dengan baik.

6. Jangan Gunakan Helm Berkaca Gelap

Helm dengan kaca gelap tentu akan membuat pandangan Anda terbatas jadi sebaiknya hindari penggunaannya. Karena dalam keadaan langit berawan saat hujan, cahaya tentu semakin berkurang dan ini sangat berbahaya. Anda tentu akan lebih sulit untuk memonitor kondisi jalan saat berkendara.

Poin-poin di atas sudah bisa dijadikan patokan dasar saat Anda berkendara di jalan licin atau dalam kondisi hujan. Dan janga lupa jika terpaksa berkendara di saat hujan, pastikan Anda memakai jas hujan sesuai standar keselamatan.

Artikel Terkait