Royal Enfield Himalayan 450 Bakal Tantang BMW G310GS

Menggunakan mesin 450 cc, Royal Enfield Himalayan siap menarik perhatian konsumen secara global tahun depan

Royal Enfield Himalayan 450 Bakal Tantang BMW G310GS
Photo: Bike Wale

TRENOTO – Akan memeriahkan pasar otomotif global, motor petualang Royald Enfield Himalayan diklaim memiliki beragam keunggulan. Selain desainnya yang gagah, motor ini disematkan mesin berkapasitas 450 cc.

Meski cukup mumpuni dijadikan kendaraan jarak jauh, kabar hadirnya pembaruan dari sisi mesin terus berhembus. Banyak pecinta merek asal Inggris tersebut menuntut peningkatan kapasitas mesin menjadi 450 cc.

Menanggapi hal ini, salah satu sumber yang tak disebutkan namanya mengungkapkan, Royal Enfield Himalayan 450 mungkin saja menjadi perhatian pabrikan, sehingga peningkatan kapasitas mesin dapat terjadi.

Seperti dilansir Bike Wale, Selasa (11/1/2021), Royal Enfield Himalayan terbaru diharapkan meluncur di kuartal pertama tahun depan. Tak hanya perubahan dari sisi jantung pacu, platform yang digunakan oleh kendaraan juga mengalami pembaruan.

Walau desain yang digunakan masih sangat mirip dengan model saat ini. Informasi yang sama menyebut, Royal Enfield telah mengembangkan platform baru, sehingga mampu bersaing dengan banyak sepeda motor global seperti KTM 390 Adventure.

Photo : Bike Wale

Selain itu, Royald Enfield kabarnya tengah menyiapkan motor dengan kode K1. Gambar yang beredar memperlihatkan, kendaraan pertama dari platform ini ada di segmen petualangan, tak heran kabar hadirnya Himalayan 450 berhembus cukup kencang.

Dari gambar yang beredar terlihat, sepeda motor akan menggunakan mesin berpendingin cairan satu silinder, sehingga tenaga yang dihasilkan meningkat menjadi 45 hp, dari sebelumnya 40 hp. 

Sayangnya, informasi tersebut tidak menyebut torsi yang akan dihasilkan apabila mesin 450 cc disematkan pada Royal Enfield Himalayan. Tak hanya itu, motor ini juga mendapatkan desain baru, meski tak terlalu menonjol.

Tak mengalami perubahan, rangka yang menghubungkan tangki bahan bakar dengan unit lampu terlihat sama. Desain ini tetap dipertahankan karena merupakan ciri khas Himalayan bermesin 411cc.

Terlihat juga lampu depan melingkar dan roda jari-jari yang merupakan ciri khas motor produksi India ini. Himalayan 450 kabarnya akan mendapat roda depan berukuran 21 inci dan belakang 17 inci.

Royal Enfield juga memberikan spoke wheel dengan setup ban tubeless, serta bingkai teralis seperti yang ada saat ini. Menambah kenyamanan berkendara, motor ini mendapatkan kursi tunggal panjang, dan setang yang mudah dijangkau.

Walau telah menjadi perbincangan pecinta otomotif dunia, Royal Enfield masih enggan memberikan keterangan resmi terkait kabar tersebut.

Artikel Terkait