Satlantas dan IMI Bina Pelaku Balap Liar jadi Atlet

Satlantas Polres Singkawang menggandeng IMI untuk membina para pelaku balap liar menjadi atlet profesional

Satlantas dan IMI Bina Pelaku Balap Liar jadi Atlet
Photo: NTMC
  • Oleh Satrio Adhy

  • Selasa, 29 November 2022 | 07:30 WIB

TRENOTO –  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Singkawang terus berinovasi untuk mengurangi angka balap liar di jalanan umum. Salah satu upayanya dengan melakukan pembinaan terarah.

Dengan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI), Satlantas Singkawang menyalurkan bakat para pelaku balap liar. Mereka mengikuti sejumlah arahan dari tim profesional.

Photo : NTMC

”Jadi kami salurkan mereka untuk menjadi atlet balap,” ujar AKP Suwaris, Kasatlantas Polres Singkawang seperti dikutip dari laman resmi NTMC.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Satlantas Polres Singkawang juga akan menggaet pihak-pihak lainnya. Sebut saja seperti Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja.

"kita koordinasikan dengan IMI dan pengelola Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Singkawang untuk menyalurkan bakat mereka di sirkuit yang sudah disiapkan,” lanjutnya.

Baca Juga : Street Race Polda Metro jaya Berhasil, Balap Liar Menurun

Hal senada juga dilontarkan oleh Harry Wedha selaku Pengelola Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Singkawang. Dia ingin membantu para pembalap liar ini untuk menyalurkan hobinya tersebut.

“Disitu akan kita berikan edukasi semacam coaching clinic. Dengan mendatangkan narasumber dari IMI Singkawang untuk memberikan pemahaman budaya balap yang baik,” tutur Harry.

Selain itu Harry hendak mengatur ajang balap liar ini menjadi resmi. Kemudian, berdasarkan koordinasi Palapa Beach dan IMI Singkawang, ke depan akan dibuatkan ajang IMI Palapa Academy.

“Mungkin ini menjadi salah satu langkah kita untuk mencoba menyiapkan sekolah untuk para pebalap liar di Singkawang. Kita didik mereka supaya bisa berbudaya balap yang baik dan semoga terciptanya atlet-atlet balap dari Kota Singkawang yang berprestasi,” tambah Harry.

Sebelumnya, Satlantas Polres Singkawang menangkap 10 pelaku balap liar. Seluruhnya tersebut terjaring operasi balap liar di kota Seribu Kelenteng tersebut.

Selain itu, masih banyak para pelaku tersebut juga masih di bawah umur. Hal itu diketahui dari kawan-kawan mereka yang telah diamankan terlebih dahulu.

Photo : Pribadi

Untuk Itu, Satlantas Polres Sinkawang ingin membina mereka. Langkahnya guna mengurangi angka balap jalanan yang sering terjadi di kota mereka.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga sudah melakukan hal yang sama. Mereka menggelar ajang balap Street Race di beberapa tempat.

Artikel Terkait