Seharga Mobil LCGC, Siapa Pembeli Bajaj Listrik Piaggio

Piaggio Commercial hadirkan bajaj listrik untuk pasar otomotif Indonesia, harganya setara dengan mobil LCGC

Seharga Mobil LCGC, Siapa Pembeli Bajaj Listrik Piaggio
Photo: Pribadi

TRENOTO – Resmi meluncurkan dua tipe Piaggio Ape Electric, PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) selaku distributor resmi Piaggio Commercial Indonesia (PCI) mengaku harga yang ditawarkan untuk kendaraan tiga roda tersebut mencapai Rp131 juta. 

Setara dengan harga mobil Low Cost Green Car (LCGC), siapa pembeli bajaj listrik tersebut? 

Menanggapi hal ini, Kristianto Goenadi, President Director PT Bagaskoro Mega Langgeng (distributor resmi bari PCI) mengatakan, target pasar Piaggio Ape Electric di Indonesia ialah fleet user. 

"Untuk target konsumen kita memang  fleet user, khususnya high tech company, seperti online store. Rata-rata mereka mau yang high technology sehingga bisa sinkron dengan mereka punya sistem," kata Kris disela peluncuran. 

Merupakan kendaraan roda tiga pertama yang menggunakan tenaga listrik di Tanah Air, pria yang akrab disapa Kris tersebut menegaskan, harga baterai yang sangat tinghi saat inj menjadi faktor utama mahalnya Ape Electrik 

"Kalau  lihat secara harga yang kami tawarkan sekarang itu karena faktor baterai, harganya masih terlalu tinggi. Tapi kita percaya seiring berjalannya waktu nanti pasti harga baterai bisa lebih murah ke depannya," tuturnya. 

Meski target konsumen utamanya adalah  perusahaan atau sektor flest, Kris mengaku konsumen perorangan juga bisa melakukan pembelian kendaraan karena pihaknya siap memperluas jaringan. 

"Pemerintah mengimbau perusahaan di Indonesia untu memiliki sekitar 10 persen dari armada telah menggunakan electric saat ini. Sekarang Piaggio merupakan produsen electric (kendaraan roda tiga) yang pertama di Indonesia dan siap membantu hal ini," ujarnya. 

Photo : Pribadi

Sasar Pemerintahan 

Melebarkan sayapnya, Kris juga tak mau ketinggalan untuk bekerjasama dengan  pemerintah. Meski bekum ada kepastian, merek asal Italia ini optimis pihaknya mampu memberikan solusi dan menggantikan bajaj yang ada saat ini.

Terkait sarana transportasi lebih ramah lingkungan. Bukan ekspor perakitan juga akan dilakukan Piaggio Ape Electric dengan tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 10 persen. 

"Memang sudah ada (pembicaraan, Red), pemerintah sendiri khususnya yang dipakai untuk passanger umum. Pemerintah sebenarnya sangat ingin menggantikan itu semua dengan electric, cuma kembali ke tadi faktor harga menjadi suatu constraint. Jadi bilamana pemerintah juga akan mensubsidi seperti yang dilakukan di kendaraan roda empat, misalnya seperti di TransJakarta," ujar Kris.

Berikut harga lengkap Piaggio Ape electric di Indonesia:

Piaggio Ape – Passenger

  • Piaggio Ape E City – EV (Electric Vehicle)               : Rp. 115.000.000

Piaggio Ape – Cargo

  • Piaggio Ape E-Xtra Pickup (Electric)-Pickup               : Rp 125.000.000
  • Piaggio Ape E-Xtra Pickup (Electric)-Box                    : Rp 131.000.000

Artikel Terkait