Sepeda Motor Listrik Alva Debut di GIIAS 2022

Sepeda motor listrik Alva debut di GIIAS 2022 dan menjanjikan perfoma yang tidak kalah dengan kendaraan konvensional

Sepeda Motor Listrik Alva Debut di GIIAS 2022
Photo: @giias_id

TRENOTO – Ilectra Motor Group (IMG) akan menjadikan ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 sebagai lokasi untuk debut sepeda motor listrik Alva. Hal ini disampaikan oleh Rainier Haryanto, Managing Director IMG beberapa waktu lalu.

Meski spesifikasi detail masih rahasia, Ia menyampaikan bahwa model yang dibawa akan memiliki banyak keunggulan. Terlebih masyarakat sudah mulai terbiasa dengan kendaraan bertenaga listrik.

Ia pun menyampaikan bahwa Alva nantinya akan memiliki kemampuan menyerupai sepeda motor konvensional. Dengan demikian penggunanya tidak perlu ragu lagi terhadap kemampuan kendaraan dalam menjawab kebutuhan berkendara.

Photo : Gaikindo

“Dari segi teknis, Alva memiliki torsi sebesar 46.5 Nm. BIla dibandingkan dengan sepeda motor konvensional, maka ini bisa didapatkan di mesin berkapasitas 150 cc,” tegas Rainer.

Perbandingan diharapkan bisa menjadi gambaran secara sederhana terkait perfoma. Pasalnya banyak anggapan bahwa kendaraan tersebut sama seperti sepeda listrik yang sudah lebih dahulu beredar.

“Tujuan kami bukan untuk menggantikan pengalaman berkendara masyarakat, tetapi agar mereka merasakan feeling serupa. Karena banyak anggapan bahwa sepeda motor listrik sama seperti sepeda listrik, inilah yang ingin kami ubah,” ungkapnya.

Sayangnya tidak disampaikan lagi secara detail terkait spesifikasi yang akan mereka bawa. Ia hanya hanya menegaskan bahwa kendaraan tersebut dapat dilihat oleh pengunjung dari GIIAS 2022.

Kehadiran Alva ke Indonesia tentunya akan membuat persaingan semakin ketat. Terlebih sebelumnya sudah ada beberapa APM menawarkan model dengan kemampuan serta desain mirip sepeda motor konvensional.

Photo : Trenoto

Salah satunya adalah Rakata NX3 yang diluncurkan beberapa waktu lalu dan memiliki tampilan menyerupai Yamaha Nmax. Sepeda motor tersebut dibekali oleh battery pack lithium ion sebesar 72 Volt 26 Ah dan bisa dilepas dengan mudah.

Baterai ini akan menjadi sumber tenaga untuk menggerakkan drive train dan membuatnya berakselerasi hingga kecepatan maksimal 80 km/jam. Dalam kondisi penuh, sepeda motor bisa melaju hingga 80 Km.

Harganya pun terbilang cukup kompetitif karena hanya dibanderol Rp41.1 juta. Pelanggan juga akan mendapat beragam kemudahan termasuk perawatan berkala karena diler sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia

Artikel Terkait