­Yamaha Xmax 250 dan Honda Forza 250 punya Lawan Baru

Yamaha Xmax 250 dan Honda Forza 250 mendapat lawan sepadan yang baru diluncurkan di Malaysia beberapa waktu lalu

­Yamaha Xmax 250 dan Honda Forza 250 punya Lawan Baru
Photo: greatbiker

TRENOTO – Yamaha Xmax 250 dan Honda Forza 250 kini mendapat pesaing baru yakni WMoto ES250i yang baru saja diluncurkan di Malaysia. Desainnya seperti perpaduan Yamaha Nmax dan Honda PCX.

Wujud skutik gambot tersebut terlihat sangat sporti yang dipadukan dengan unsur elegan. Motor ini dipasarkan di negeri Tetangga melalui MForce Bike Holdings Sdn. Bhd (WMoto Malaysia).

Disebut sporti karena beberapa bodi motor dibuat dengan garis-garis tajam bak motor sport. Kesan sporti juga didapatkan dari lampu depan terpisah seolah menyiratkan tatapan yang tajam.

Lampu depannya sendiri telah menggunakan LED yang didukung dengan proyektor sebanyak empat buah. Lalu ada DRL yang juga mengandalkan teknologi LED dan lampu sein berada di sayap samping menyerupai generasi terbaru Yamaha Nmax.

Di atas lampu terdapat windscreen smoke yang berguna untuk membelah angin sehingga pengendara tidak terkena langsung. Sementara pada bagian belakang lampunya juga sudah pakai LED dengan dimensi mungil namun sudah terintegrasi dengan sein.

Jika melihatnya dari samping, WMoto ES250 bukanlah skutik dengan dek yang luas sehingga tidak bisa digunakan membawa air kemasan galon. Merek motor yang populer di Eropa ini menerapkan dua posisi kaki sehingga memanjakan para pengendaranya.

Panel meter motor ini telah mengadopsi layar MID untuk memberikan informasi seputar kendaraan. Namun untuk spidometer dan takometer masih mengandalkan model analog yang terletak di bagian kanan maupun kirinya.

Photo : greatbiker

Fitur yang disematkan bukan kaleng-kaleng karena terdapat heated grip dan memiliki fungsi untuk menghangatkan tangan ketika musim dingin. Namun di Indonesia nampaknya fitur tersebut tidak terlalu terpakai.

WMoto ES250i telah dibekali dengan fitur smart key system sehingga konsumen tidak lagi membutuhkan anak kunci analog. Sistem ini juga digunakan pada pesaingnya yakni Yamaha Xmax 250 dan Forza 250 di Tanah Air.

Tentunya sebagai skutik gambot, bagasi yang luas sudah seperti keharusan. Namun pada WMoto ES250i dikatakan hanya bisa memuat 1 buah helm open face.

Kuda besi ini menggunakan mesin berkapasitas 244 cc berpendingin cairan dan pengabut injeksi. Di atas kertas besaran tenaganya mencapai 21 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 21 Nm pada 6.500 rpm.

Dibandingkan dengan Yamaha Xmax 250 tenaganya mencapai 22.5 hp pada 7.000 rpm dan torsi 24.3 Nm pada 5.500 rpm. Artinya akselerasi dan kecepatan Xmax lebih besar daripada WMoto ES 250i.

WMoto ES250i dipasarkan di Malaysia RM 14.488 atau sekitar 47.2 jutaan. Adapun pilihan warnanya meliputi Midnight Blue, Slate Grey dan Fiery Red.

Artikel Terkait