Skuter Listrik Vespa Elettrica Edisi Khusus Melantai di EICMA 2021

Vespa Elettrica hadir di pameran EICMA 2021 dengan edisi khusus hasil kolaborasi dengan organisasi RED

Skuter Listrik Vespa Elettrica Edisi Khusus Melantai di EICMA 2021
Photo: istimewa

TRENOTO – Vespa Elettrica edisi khusus hadir di EICMA 2021 yang merupakan hasil kolaborasi dengan organisasi bernama RED. Skuter asal Italia tersebut dilebur dengan cat merah cerah nan menawan.

Kolaborasi dengan RED bukanlah yang pertama bagi brand Piaggio Group. Sebelumnya mereka sudah menghadirkan kerjasama pada model 946.

Pada ajang EICMA 2021 yang digelar di Milan mulai 25 – 28 November 2021, sejumlah pabrikan motor meluncurkan model terbarunya. Dalam pameran tersebut, juga ditampilkan berbagai inovasi teknologi mutakhir.

RED sendiri merupakan suatu organisasi amal yang didirikan untuk memerangi AIDS. Dalam masa pandemi covid-19, RED juga mendukung untuk melawan virus corona yang masih melanda banyak negara di dunia.

Dikatakan bahwa setiap Vespa RED yang terjual, akan disisihkan sebesar 100 dollar AS untuk donasi.

Meskipun dikatakan sebagai edisi khusus, Vespa RED kali ini menggunakan basis Elettrica. Tidak ada ubahan berarti pada skuter tersebut, kecuali warna merahnya yang cerah.

Photo : istimewa

Spesifikasi Vespa Elettrica

Vespa Elettrica sendiri menggunakan basis bodi dari Primavera. Perbedaannya hanyalah mesin penggerak yang diubah dari konvensional menjadi full listrik.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan sumber dayanya berasal dari baterai lithium ion 86 Ah yang bisa dilepas. Daya maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 5.3 hp dan torsi puncak 199 Nm.

Baterainya sendiri bisa diisi ulang dengan tegangan 220V dan membutuhkan waktu selama 4 jam. Sementara terdapat dua pilihan varian Vespa Elettrica yang dibedakan melalui kecepatan maksimal yakni 45 km/jam atau 70 km/jam.

Lalu adapula mode berkendara Eco dan Power, yang masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada mode Eco, varian 45 km/jam bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer. Sementara pada mode Power menyusut menjadi 80 kilometer saja.

Kemudian pada varian 70 km/jam dengan menggunakan mode berkendara Eco bisa menempuh 100 kilometer. Sedangkan mode Power bisa dikendarai hingga jarak 70 kilometer.

Vespa Elettrica disandingkan dengan pelek 12 inci yang dibalut ban 110/70 pada depan. Lalu belakangnya pelek 11 inci dengan ban 120/70.

Sementara pengereman menggunakan cakram pada depan dengan ukuran 220 mm. Lalu belakangnya masih mengandalkan teromol.

Artikel Terkait