Stark Varg, Motor Trail Listrik dengan Torsi Super Besar

Stark Future diperkenalkan sebagai produk motor offroad paling radikal yang pernah dibuat dengan nama Stark Varg

Stark Varg, Motor Trail Listrik dengan Torsi Super Besar
Photo: AsphaltnRubber

TRENOTO – Stark Varg diperkenalkan beberapa waktu lalu sebagai motor offroad bertenaga listrik. Stark Future yang merupakan perusahaan startup di bidang mobilitas sejak 2019, mengembangkan motor offroad dengan torsi super besar.

Stark Future memiliki markas di Barcelona namun memiliki latar belakang Swedia. Perusahaan ini dipimpin oleh Anton Wass yang merupakan CEO sekaligus co-founder.

Produk terbarunya yakni Stark Varg memiliki makna Strong Wolf dalam bahasa Swedia. Artinya jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah serigala yang tangguh atau kuat.

Menjadi tangguh karena spesifikasi kendaraan tidak layaknya motor trail pada umumnya. Bahkan dikatakan Stark Varg adalah kendaraan offroad paling radikal yang pernah dibuat.

Seperti ajang balap lainnya yang mulai memperkenalkan teknologi elektrifikasi, Stark Varg dipersiapkan sebagai kendaraan motocross masa depan.

Meskipun bertenaga besar, namun Varg tetap lebih ramah lingkungan dibandingkan produk bermesin konvensional. Adapun tenaga yang dihasilkan sendiri, bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Hadirnya Stark Varg memang belum teruji di ajang balap. Namun setidaknya motor ini menunjukkan bahwa pengembangan elektrifikasi global terus menunjukkan perkembangan pesat.

Photo : AsphaltnRubber

Bicara desain sepeda motor trail, Stark Varg memang tidak ada yang terlalu spesial. Karena motor jenis ini tidak pernah berubah secara radikal dari masa ke masa.

Namun yang membedakan pada kendaraan roda dua model offroad adalah besaran tenaga yang dihasilkan, berikut dengan teknologi yang disematkan. Hal ini penting untuk bisa menaklukkan berbagai medan kasar hingga ekstrem.

Stark Varg dibekali dengan motor listrik atau penggerak yang puncaknya bisa mencapai 80 hp. Sementara jika dibandingkan Yamaha YZ450F besaran tenaganya hanya 53 hp dan KTM 450 EXC 51 hp.

Paling gila adalah besaran torsinya yang khas dari motor listrik. Torsi dari Stark Varg dikatakan hampir mencapai 1.000 Nm. Artinya torsi motor ini setara dengan supercar macam Ferrari atau Lamborghini.

Kuda besi ini juga dijejali oleh sistem elektronik yang bisa disesuaikan seperti disebutkan di atas. Konsumen nantinya bisa mendapatkan performa layaknya motor trail bermesin 125 cc 2-tak atai 650 cc 4-tak.

Menjadi semakin gila karena rangkanya dibuat dengan perpaduan bahan serat karbon, magnesium dan alumunium kelas aviasi. Stark Varg akan dijual dengan harga 11.900 euro atau sekitar Rp194 juta.

Artikel Terkait