Suzuki Burgman EV Tertangkap Kamera, Calon Pesaing PCX Electric

Suzuki Burgman EV kembali tertangkap kamera tengah melakukan pengujian sebelum akhirnya diluncurkan dalam waktu dekat

Suzuki Burgman EV Tertangkap Kamera, Calon Pesaing PCX Electric
Photo: rushlane

TRENOTO – Suzuki Burgman EV kembali tertangkap kamera tengah melakukan pengujian di jalanan India. Motor ini digadang-gadang bisa menjadi pesaing Honda PCX Electric di Indonesia.

Di negeri Bollywood, peredaran motor listrik terus menggeliat. Sehingga banyak pabrikan motor di sana akhirnya memproduksi motor ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan pasar.

Pasar India saat ini sudah ada beberapa motor listrik seperti Ather 450X, Bajaj Chetax, TVS iQube dan Ola S1. Berbeda kondisinya dengan di Indonesia, pabrikan motor yang telah memasarkan kendaraan listrik masih sedikit.

Pabrikan besar seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki masih belum mengeluarkan produk andalannya. Setidaknya Honda PCX Electric belum dipasarkan secara umum hingga sekarang.

Motor jenis skutik buatan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut masih dipasarkan untuk korporasi dengan sistem sewa. Bahkan belakangan sudah tidak terdengar lagi kabarnya mengenai motor tersebut.

Suzuki di India diketahui telah menggelontorkan dana investasi untuk memulai pengembangan motor listrik. Bukti kuatnya bisa dilihat dari kembali tertangkap kamera Burgman di sana.

Photo : rushlane

Wujud Suzuki Burgman EV

Suzuki Burgman EV yang tertangkap kamera di India memiliki bentuk tidak ada bedanya dengan versi bensin. Mulai dari bodinya sama persis, lampu belakang juga masih serupa dengan model mesin bakarnya.

Berangkat dari bentuk fisik yang serupa dari versi mesin bakar saat ini, Suzuki Burgman EV diyakini tidak memiliki kapasitas baterai terlalu besar. Dikarenakan dimensi motor yang terlampau mungil sehingga tidak memiliki ruang lapang.

Hingga saat ini belum ada keterangan spesifikasi Suzuki Burgman EV. Maka dari itu belum bisa diketahui berapa jarak tempuh dari motor listrik terbaru dari Suzuki.

Dari gambar yang beredar, Suzuki Burgman EV menggunakan suspensi belakang model sepasang kanan dan kiri. Walhasil pemetaan bobot kendaraan dengan penumpang terdistribusi dengan baik.

Hal menarik perhatian lainnya apakah motor ini menggunakan sistem baterai tipe fixed atau swap. Andai disematkan model swap (tukar) artinya daya jelajah kendaraan tidak terlalu jauh.

Sehingga pabrikan harus bekerjasama dengan pihak lain untuk menyediakan layanan penukaran. Beredar kabar jika motor ini akan diperkenalkan mulai April 2022.

Artikel Terkait