Suzuki Katana 2022 Dapat Suntikan Sistem Elektronik

Suzuki Katana 2022 mendapat penyegaran yang meliputi tampilan hingga mesin yang lebih ramah lingkungan

Suzuki Katana 2022 Dapat Suntikan Sistem Elektronik
Photo: Response

TRENOTO – Suzuki Jepang dikabarkan akan melakukan penyegaran pada model Katana 2022. Ubahannya minor namun cukup berarti, terutama bagi para penggemar motor berperforma.

Sebagai unit sport naked penampilannya memang lebih atraktif dibandingkan model fairing. Maka dairi itu kecepatan bukan semata-mata fokusnya melainkan kenikmatan berkendara.

Untuk model 2022, Suzuki Katana mendapat desain lebih tajam dan garis-garis seperti sayatan pedang. Bentuk ini terlihat pada bagian tangki bahan bakar hingga ke bagian bawahnya.

Selebihnya masih serupa dengan model sebelumnya, kecuali lampu depan LED yang posisinya dibuat lebih ke bawah. Dikatakan untuk pertama kalinya Suzuki menempatkan spakbor belakang yang menempel pada swing arm.

“Ubahan tampang ini terinspiraasi dari GSX1100S Katana,” seperti dikutip dari Response.jp.

Sentuhan yang dilakukan pada model 2022, tidak hanya mencakup pada penampilan semata. Suzuki Katana 2022 disebutkan telah mendapat ubahan pada bagian mesin, mengacu pada standar emisi yang kian ketat.

Suzuki menanamkan sistem elektronik pada saluran gas buang. Selain itu, mereka juga melakukan ubahan pada mekanisme bagian intake dan exhaust.

Photo : Response

Jika biasanya besaran tenaga mesin yang mengacu pada standar emisi gas buang mengalami penyusutan. Suzuki Katana 2022 justru mengalami kenaikan 1.9 hp menjadi 147 hp dibandingkan model sebelumnya.

Suzuki juga menanamkan sistem elektronik untuk pengaturan mode berkendara. SMDS (Suzuki Drive Mode Selector) membuat para penggunanya bisa memilih tiga mode berkendara yang sesuai dengan kebutuhan di jalanan.

Mode berkendara tersebut memungkinkan pengendara memilih salah satu dari lima level. Adapun terdapat mode yang membuat rider tidak perlu mengoperasikan kopling saat memindahkan gigi.

Fitur tersebut di atas dikenal dengan nama quick shifter. Sehingga pengendara akan merasakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Suzuki Katana 2022 dikatakan memang dikembangkan untuk penggunaan sehari-hari. Cocok untuk konsumen yang memiliki lebih banyak waktu di jalan.

Mesinnya sendiri masih tetap mengandalkan empat silinder 1.0L yang merupakan model sama dengan GSX-S1000.

Motor ini ditawarkan dalam pilihan warna Mystic Silver Metallic dan Matte Stella Blue Metallic. Suzuki Katana 2022 mulai dikenalkan pada 25 Februari mendatang dengan harga 1.606 juta yen atau setara dengan Rp200 jutaan.

Artikel Terkait