Suzuki RGV 120 Terjual Rp631 Jutaan Setelah Disimpan 23 Tahun

Tersimpan 23 tahun, Suzuki RGV 120 mendapatkan harga fantastis karena tak pernah digunakan dan terisi Bahan Bakar Minyak (BBM)

Suzuki RGV 120 Terjual Rp631 Jutaan Setelah Disimpan 23 Tahun
Photo: Motosaigon

TRENOTO – Hadir sebagai motor dua tak, Suzuki RGV 120 produksi 1999 menyita perhatian setelah dijual lebih dari setengah miliar di Vietnam.

Tak lagi di produksi saat ini, motor pabrikan Jepang tersebut dinilai sebagai kendaraan langka sehingga harganya melonjak naik. Menjadi pemilik motor, Mr Cuong Martin menegaskan, motor yang dijual bukanlah barang bekas.

Motor pabrikan berlambang huruf S tersebut telah tersimpan selama 23 tahun tanpa pernah diisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan dikendarai atau yang biasa disebut New Old Stock alias NOS.

Seperti dilansir Motosaigon, Mr Cuong merupakan seorang kolektor motor langka 2 tak yang cukup terkenal di negaranya. Sebelum menjual Suzuki RGV 120, ia pernah melepas Suzuki RG Sport original dan Yamaha 125ZR M1 Go! dengan tanda tangan Valentino Rossi.

Khusus banderol Suzuki RGV 120, harga yang disepakati antara penjual dan pembeli lebih dari 1 miliar dong atau setara dengan Rp625 jutaan. Tak hanya motor, terdapat pula buku panduan dari pabrikan yang masih tersimpan rapi layaknya motor baru.

Photo : Motosaigon

Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang mampu mempengaruhi harga jual unit bekas tersebut. Bicara spesifikasi, Suzuki RGV 120 menggunakan mesin 2-tak single silinder berkapasitas 120,7 cc dengan sistem pendingin udara.

Dengan jantung pacu tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 15,5 Hp di 8.800 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 7.000 rpm karena dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Sebelum meluncurkan Suzuki RGV 120 pabrikan motor terlebih dulu meluncurkan Suzuki RG Sport 110. Menjadi idola dikalangan remaja saat itu, motor tersebut tak hanya memeriahkan pasar otomotif Vietnam namun juga meluncur di Negeri Jiran Malaysia.

Sayangnya, masa kejayaan Suzuki RGV 120 harus berhenti di 2003. Model ini kemudian digantikan oleh Suzuki RGX 120 dengan beragam pembaruan.

Seperti diketahui, Suzuki menjadi pabrikan motor yang cukup lama mempertahankan mesin dua tak di Indonesia. Kesempatan ini dimanfaatkan secara optimal oleh pabrikan karena penggemarnya cukup banyak.

Artikel Terkait