Swap Energi Buka Ratusan Titik Penukaran Baterai Motor Listrik

Swap Energi Indonesia gandeng Circle-K untuk membuka ratusan titik penukaran baterai motor listrik di Bali

Swap Energi Buka Ratusan Titik Penukaran Baterai Motor Listrik
Photo: Istimewa
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 21 Desember 2021 | 18:20 WIB

TRENOTO – Swap Energi Indonesia berkolaborasi dengan Circle-K untuk menyediakan ratusan titik penukaran baterai (Swap Poin) di Bali. Melalui kerjasama ini maka para pemilik sepeda motor listrik bisa langsung melakukan pergantian baterai dan kembali melanjutkan perjalanan.

Salah satu tantangan dari kendaraan listrik adalah waktu pengisian daya yang membutuhkan waktu lama. Selain itu, lokasi pengisian daya juga terbilang masih sangat terbatas sehingga berpotensi akan menyulitkan bila daya habis di tengah perjalanan.

Kondisi tersebut jauh berbeda dibandingkan kendaraan konvensional yang infrastrukturnya sudah siap. Pengendara cukup menyiapkan waktu beberapa menit untuk mengisi bahan bakar dengan harga yang sudah ditentukan.

Photo : Istimewa

Kemudahan kendaraan konvensional pun membuat banyak orang berpikir berulang kali dan bahkan mengurungkan niat menggunakan kendaraan listrik. Swap Energi Indonesia menyadarinya dan menjadikan tantangan sebagai sebuah peluang bisnis menjanjikan.

Mereka pun berinisiatif untuk menghadirkan titik penukaran baterai motor listrik di seluruh outlet Circle-K di Bali. Provinsi tersebut dipilih karena sebentar lagi akan diadakan pertemuan G20 yang salah satu tujuan dari pertemuan tersebut adalah transisi energi.

“Dengan mengembangkan titik penukaran di berbagai wilayah, Swap dapat memperpanjang jarak tempuh motor listrik hanya dalam 9 detik. Gratis tanpa batas,” tulis caption Swap Energi Indonesia di akun Instagramnya.

Menariknya, penukaran baterai Swap adalah gratis dan di garansi seumur hidup. Dengan demikian maka pengendara bisa lebih hemat waktu dan biaya karena mereka hanya membayar apa yang gunakan. Cukup melakukan top up kuota perjalanan berbasis kilometer saat mengendarai motor melalui aplikasi.

Photo : Istimewa

Sebagai awal, Swap Energi Indonesia menggandeng Smoot Motor Indonesia untuk menghadirkan Smoot Motor Listrik Pintar yang dibekali baterai Swap. Nantinya Smoot Motor Listrik Pintar akan terintegrasi dengan aplikasi Swap Energi yang telah dilengkapi berbagai fitur seperti menemukan titik penukaran baterai terdekat, cek kondisi motor maupun baterai dan mengaktifkan sistem keamanan anti maling.

Melalui program yang diberikan diharapkan masyarakat bisa melihat keunggulan dari kendaraan listrik. Setelah itu, bukan tidak mungkin masyarakat akan beralih dari kendaraan konvensional secara pelahan.

Artikel Terkait