Tips Menaruh Barang Pada Skutik Saat Mudik Lebaran 2022

Berpengaruh pada keselamatan berkendara, berikut tips menaruh barang pada skutik ketika melakukan perjalanan Mudik Lebaran 2022

Tips Menaruh Barang Pada Skutik Saat Mudik Lebaran 2022
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Meski tak disarankan sejumlah masyarakat memilih mudik ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor. Karenanya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Selain kondisi kendaraan, pemudik juga perlu memperhatikan barang bawaan. Melihat hal ini, Danang Hermanto selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan tips menaruh barang pada skutik saat mudik Lebaran 2022.

Berpengaruh pada faktor keselamatan berkendara, terdapat 6 hal yang perlu diperhatikan terkait barang bawaan pada sepeda motor. Melalui keterangan resminya, Danang menegaskan bila pengendara lebih baik membawa barang secukupnya agar beban ketika melakukan perjalanan tak terlalu berat. 

Photo : NTMC Polri

Kondisi jalan yang kurang baik juga berpengaruh pada kenyamanan berkendara apabila barang bawaan yang dibawa melebihi kapasitas kendaraan.  

Selain itu penempatan barang juga harus sesuai. Bukan tidak mungkin pengendara kehilangan keseimbangan ketika berbelok apabila beban menghalangi gerak setang motor serta lebih cepat lelah.

Photo : 123RF

Untuk lebih jelasnya, berikut 6 tips menaruh barang pada skutik.

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah posisi kendaraan dan ukuran barang yang akan dibawa agar penempatan lebih nyaman.  Jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah, sehingga motor lebih rata dan lebih mudah untuk mengikat barang ketikan ukurannya cukup besar.
  2. Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook seperti yang terdapat pada Yamaha Gear 125. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari beban yang berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.
  3. Dimensi dari barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.
  4. Barang juga bisa diletakkan pada bagasi. Hindari menaruh barang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa.
  5. Tinggi barang yang dibawa tidak boleh melebihi bahu pengendara karena berpengaruh pada keseimbangan berkendara.
  6. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.

Artikel Terkait