Triumph Tiger Sport 660 Datang Menyasar Penyuka Touring

Triumph Tiger Sport 660 akhirnya diluncurkan dan menyasar para tourer sejati untuk menaklukkan perjalanan paling menantang

Triumph Tiger Sport 660 Datang Menyasar Penyuka Touring
Photo: Triumph

TRENOTO – Triumph Tiger Sport 660 akhirnya diluncurkan setelah beberapa kali muncul potongan teasernya. Motor yang menggunakan basis Trident 660 ini tidak kebagian fitur mewah seperti keluarga Tiger lainnya.

Triumph Trident 660 yang sebelumnya hadir dikembangkan sehingga menjadi Tiger Sport 6660 yang bergaya adventure. Motor di kelas menengah ini menyasar konsumen yang lebih menyukai touring, daripada berpetualang membelah hutan belantara.

Hal lebih kepada fitur yang kurang lengkap dari Triumph Tiger Sport 660. Kuda besi ini tidak dilengkapi dengan fitur cruise control dan center stand atau penyangga.

Padahal motor ini dikatakan menyasar para penggila touring yang membutuhkan dua fitur tersebut di atas. Pabrikan motor Inggris ini hanya membenamkan fitur kontrol traksi.

Triumph Tiger Sport 660 menggunakan mesin 3-silinder 660 cc dua silinder yang sama dengan Trident 660. Jantung mekanis tersebut dipercaya mampu menghasilkan daya 80 hp pada 10.250 rpm.

Sementara jambakan atau torsi maksimalnya sebesar 64 Nm pada 6.250 rpm. Dikatakan bahwa motor ini memiliki keunggulan mesin yang bertenaga maksimal di putaran bawah hingga menengah.

Photo : Triumph

Sementara distribusi tenaga mesin didukung sistem transmisi enam-percepatan berteknologi slipper dan assist. Sementara fitur quickshifter ditawarkan sebagai tambahan bagi konsumen yang membutuhkan.

Triumph Tiger Sport 660 dibekali dengan throttle ride-by-wire yang membuat kendaraan lebih nyaman dikendarai. Lalu untuk menambah kenyamanan, terdapat dua mode berkendara yakni Rain dan Street, sehingga setiap konsumen bisa lebih adaptif terhadap medan jalan yang dilalui.

Motor ini dipersenjatai dengan dua rem Nissin dua piston berukuran 310 mm pada bagian depan dan sistem ABS. Sementara suspensinya menggunakan Showa Upside Down dengan tabung berukuran 41 mm.

Suspensi belakangnya memiliki pengaturan preload untuk bisa mendukung perjalanan jarak jauh para pemiliknya kelak. Adapun suspensi depan dan belakang memiliki jarak travel 150 mm.

Sebagai motor tourer sejati, Triumph Tiger Sport 660 dilengkapi dengan bracket untuk menggunakan panniers atau side bag. Sementara untuk produknya sendiri dijual secara terpisah.

Konsumen bisa memiliki motor ini berikut aksesorinya meliputi lampu kabut, top boks, dan side bag. Boks belakangnya sendiri memiliki dua ukuran yakni 47 liter dan 57 liter.

Diajak touring, motor ini akan menjadi teman yang menyenangkan karena tangki bahan bakarnya bisa menampung 17 liter. Bahan bakar sebanyak ini diklaim bisa membuat motor melaju sejauh 340 km.

Triumph Tiger Sport 660 dipasarkan dengan harga Rp 163 juta dengan dua tahun garansi tanpa batasan jarak.

Artikel Terkait