TVS Apache RTR 165 Racing Performance, Tenaganya lebih Gigit

TVS Apache RTR 165 Racing Performance resmi diluncurkan dengan mesin yang telah diperbarui untuk mendukung perfoma lebih baik

TVS Apache RTR 165 Racing Performance, Tenaganya lebih Gigit
Photo: Istimewa

TRENOTO – TVS kembali memberikan gebrakan untuk pelanggannya di India dengan meluncurkan Apache RTR 165 Racing Performance. Sepeda motor ini diklaim hadir dengan perfoma optimal karena telah mendapat sentuhan dari dunia balap.

Selama ini TVS memang lebih dikenal sebagai salah satu merek sepeda motor komuter yang biasa digunakan masyarakat perkotaan. Namun, produsen sepeda motor asal India tersebut juga sebenarnya memiliki kemampuan menciptakan sepeda motor berperfoma.

Peningkatan perfoma kendaraan menjadi poin utama dalam pengembangan TVS Apache RTR 165 Racing Performance. Untuk itu, TVS membekalinya dengan mesin berkapasitas 165 cc berpendingin udara yang katupnya telah dikembangkan untuk memproduksi tenaga lebih besar.

Photo : Istimewa

Hasilnya pun diklaim cukup efektif karena berhasil meningkatkan produksi tenaga sebesar 35 persen dibandingkan mesin standar. Tercatat, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Tak hanya itu, beberapa fitur lain juga sudah disematkan untuk mendukung perfoma berkendara. Sebut saja slipper-assist clutch, rem dan tuas kopling yang dapat disesuaikan, serta set rantai serta sproket berlapis kuningan.

Sementara itu dari segi tampilan, TVS juga menyematkan beberapa ubahan untuk membuatnya tampil lebih agresif. Hal tersebut penting karena menunjukkan karakter sport yang ingin disampaikan.

TVS Apache RTR 165 Racing Perfomace dijual dengan harga USD1.934 atau setara dengan Rp27.5 jutaan. Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi apakah TVS Indonesia akan membawanya ke Tanah Air.

Meski demikiam, TVS Indonesia saat ini menjual Apache RTR 200. Sepeda motor tersebut dibekali mesin berkapasitas 197.75 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 20.7 hp dan torsi maksimal 17.5 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, akselerasi sepeda motor pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya motor mampu melesat hingga 60 km/jam hanya dalam waktu 3.9 detik sementara untuk 0-100 km/jam dapat ditempuh 11.2 detik.

Akselerasi optimal tersebut diimbangi dengan sistem pengereman yang tak kalah baikmya. Untuk itu, TVS telah menyematkan rem cakram berukuran 270 mm di bagian depan dan 240 mm di belakang.

Apache 200 saat ini menjadi satu satunya motor sport yang dijual oleh TVS Indonesia. Untuk mendapatkannya, pelanggan cukup membayarnya dengan harga Rp25.1 juta.

Artikel Terkait