TVS Kembangkan Motor Hidrogen

Untuk memberikan kualitas udara yang lebih bersih TVS kembangkan motor hidrogen menggunakan basis iQube

TVS Kembangkan Motor Hidrogen
Photo: Istimewa

TRENOTO – Motor listrik yang tengah menggeliat belakangan ini menarik minat para produsen untuk bisa terlibat. Selain listrik, beberapa pabrikan menghadirkan beberapa pilihan lain sebagai alternatif.

Salah satunya adalah TVS kembangkan motor hidrogen dan diketahui berdasarkan paten yang diterbitkan. Manufaktur asal India tersebut memberikan pilihan berbeda pada calon konsumen hendak beralih.

Energi alternatif belakangan banyak dikembangkan untuk mengurangi emisi gas buang. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah habisnya fosil yang digunakan pada bahan dasar BBM.

Photo : rideapart

Berdasarkan paten milik TVS bocor ke media massa memperlihatkan dua tabung hidrogen pada motor. Keduanya disematkan pada dalam fender depan atau di balik suspensi bagian depan kendaraan.

Lalu di bawah jok terdapat tumpukan sel bahan bakar yang memberikan kemudahan akses untuk perawatan kendaraan. Lalu pabrikan juga menyediakan baterai di bawah dek dan bertugas menyimpan energi hasil deselerasi dan pengereman.

Selain melakukan pemanfaatan energi hasil gesekan, motor ini juga memiliki dorongan tambahan. Energi tambahan yang dimaksud seperti teknologi milik Yamaha Fazzio.

Baca juga : TVS Apache RTR 165 Racing Performance, Tenaganya lebih Gigit

Motor akan memiliki dorongan tenaga lebih pada awal akselerasi bermodalkan energi baterai. Energi tambahan tersebut hanya berfungsi selama tiga detik awal saja.

Seperti dilansir Rideapart, motor hidrogen yang tengah dikembangkan TVS berbentuk skuter. Selain itu mereka juga menggunakan model telah ada sebelumnya yakni iQube.

TVS iQube selama ini dikenal sebagai motor listrik yang bisa menghasilkan daya 4.4kW. Bedanya unit hidrogen akan dipasangkan sejumlah komponen seperti disebutkan di atas.

Motor ini dikatakan bakal memiliki daya jelajah sejauh 141 km. Adapun untuk pengisian ulang membutuhkan waktu sekitar satu jam atau lebih.

Photo : rideapart

Dikatakan jika ingin lebih cepat pengisian dapat dilakukan pada stasiun pengisian khusus hidrogen. Tentunya dengan durasi semakin singkat, konsumen akan bebas khawatir kehilangan banyak waktu.

Sekilas motor bertenaga hidrogen merupakan teknologi terkini. Namun sejatinya Kawasaki dan yamaha telah lebih dulu mengembangkan motor jenis serupa.

Pada intinya produsen berlomba-lomba untuk menghadirkan energi baru terbarukan (EBT). Hal ini dilakukan untuk memberikan sumbangsih pada bumi sehingga memiliki kualitas udara lebih baik.

Artikel Terkait