Yamaha Crosser 150 Rival Sepadan Honda CB150X

Yamaha Crosser 150 hadir dengan mengusung sejumlah pembaruan yang kian menantang untuk berpetualang sehari-hari

Yamaha Crosser 150 Rival Sepadan Honda CB150X
Photo: bikewale

TRENOTO – Yamaha Crosser 150 2022 meluncur untuk pasar Brazil dan menjadi rival sepadan untuk Honda CB150X. Versi facelift motor petualang tersebut hadir dengan penambahan warna baru dan fitur yang bikin berkendara lebih praktis.

Mengusung konsep facelift, kendaraan ini datang tanpa ubahan berarti pada tampilannya. Yamaha Crosser masih menggunakan baju yang sama dan mengisyaratkan motor kokoh dan tinggi.

Kuda besi ini memiliki tinggi jok dari tanah 845 mm. Sementara bobot keseluruhannya hanya mencapai 134 kg sehingga akan lebih fleksibel diajak blusukan.

Namun seperti disebutkan di atas fiturnya bertambah modern dengan disematkannya lampu proyektor LED yang menggantikan halogen. Adapula panel meter dengan teknologi digital sepenuhnya menggantikan jarum-jarum analog.

Photo : Bikewale

Kelir panel meter dibuat berkelir biru sehingga cocok dengan identitas Yamaha. Selain itu juga dikatakan pemilihan warnanya membuat lebih mudah terbaca.

Sebagai motor modern terdapat soket pengisian daya untuk gawai. Sehingga sepanjang perjalanan penggunanya bisa tetap terhubung dengan dunia luar.

Yamaha Crosser 150 masih mempertahankan mesin 149 cc 1-silinder SOHC. Jantung mekanis tersebut dipercaya mampu menghasilkan daya maksimum sebessar 12 hp dan torsi puncak 12.7 Nm.

Output yang dihasilkan kendaraan ini memang tidak besar. Namun seperti dilansir Bikewale, motor juga bisa dijejali dengan bahan bakar etanol.

Bahkan dikatakan jika menggunakan etanol, tenaga yang disemburkan bisa lebih besar 0.1 hp. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri dikatakan mencapai 12 liter.

Dilahirkan sebagai motor petualang atau adventure, Yamaha Crosser menggunakan kombinasi roda 19 inci depan dan 17 inci belakang. Rodanya sendiri dibungkus dengan ban Metzeler Tourance jenis dual-purpose.

Photo : Bikewale

Untuk menghentikan laju kendaraan sudah disusupi pengereman ABS pada kedua rodanya. Sebagai penunjang aktivitas menantang, motor sudah dibekali suspensi depan dengan jarak travel panjang dan belakang monoshock.

Yamaha Crosser 150 ditawarkan dengan dua pilihan varian yakni Crosser 150 Z dan Crosser 150 S. Keduanya hanya dibedakan dengan gaya fairing juga panjang spatbor depannya saja.

Sekali lagi jika motor ini dipasarkan di Indonesia, bukan tidak mungkin akan menarik untuk bersaing dengan Honda CB150X.

Artikel Terkait