Yamaha Kembangkan Power Steering untuk Sepeda Motor

Yamaha Kembangkan power steering untuk sepeda motor yang bakal memudahkan manuver pengendara di medan offroad

Yamaha Kembangkan Power Steering untuk Sepeda Motor
Photo: 123RF

TRENOTO – Yamaha kembangkan power steering untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Teknologi tersebut sebelumnya banyak digunakan pada mobil modern.

Disitat dari Bikewale, Yamaha tengah mengembangkan teknologi yang akan membawa produk-produknya ke level baru. Tidak tanggung-tanggung, perangkat barunya tersebut akan menggunakan model elektrik.

Power steering elektrik yang dikembangkan pabrikan motor berlambang Garpu Tala ini merupakan satu langkah inovatif. Menurut kabar berkembang, produk pertama yang akan disematkan adalah model motocross.

Adapun power steering pada kuda besi akan mulai diterapkan pada tahun ini. Lebih lanjut motor dengan bantuan pengendara akan debut pada ajang all – Japan Motocross Championship.

Electronic Power Steering (EPS) pada motor tentunya akan memudahkan pengendara mengendalikan kuda besi. Diharapkan pada sebuah kompetisi, penunggangnya akan lebih lebih cekatan mengatur manuver.

Photo : 123RF

EPS Yamaha dikatakan bekerja dalam tiga proses. Pertama adalah magnetostrictive torque sensor yang mengatur pergerakkan kendali kendaraan.

Besarnya tekanan pada roda bisa diminimalisir dengan bantuan teknologi. Seperti disebutkan di atas, teknologinya bisa mempermudah manuver pengendara.

Informasi seputar manuver akan dikirimkan pada control board atau biasa disebut ECU. Lalu papan elektronik tersebut akan memberi tahu aktuator yang dikaitkan pada bagian depan suspensi.

Lalu diarahkan pada batang kemudi dan pada akhirnya bisa memutuskan berapa besar bantuan yang akan diberikan ke alat kemudi.

Dikatakan bahwa pada dasarnya inovasi teknologi pada sepeda motor ini diciptakan untuk mengurangi faktor kelelahan pada pengendara. Pada umumnya fatigue muncul karena beban yang harus ditanggung penunggangnya.

Sistem EPS dinyatakan akan banyak membantu rider mengendalikan sepeda motor. Lebih jauh disebutkan akan membantu peredaman kendaraan, terutama pada medan sulit.

Sekadar informasi, ajang motocross merupakan kompetisi balap motor yang membutuhkan fisik lebih besar daripada balap roda dua lainnya. Melintasi medan tanah, pengendara dituntut mengeluarkan energi lebih untuk mengatur kendali motor.

Photo : 123RF

All Japan Championship sendiri merupakan ajang balap motocross diikuti beragam merek kendaraan roda dua. Selain itu motor jenis 2Tak dan 4Tak juga diikutsertakan dalam perlombaan ini.

Meskipun teknolgi EPS pada motor baru akan disematkan pada model offroad, harapannya ke depan semakin banyak jenis kuda besi yang akan dijejalkan peranti tersebut.

Artikel Terkait