Yamaha Luncurkan YZF-R15 V4 dan YZF-R15M Rp 32 Jutaan

Yamaha India meluncurkan YZF-R15 V4 dan YZF-R15M dengan fitur-fitur terkini yang pertama di kelasnya

Yamaha Luncurkan YZF-R15 V4 dan YZF-R15M Rp 32 Jutaan
Photo: yamaha

TRENOTO – Yamaha India meluncurkan YZF-R15 Version 4 dan YZF-R15M yang dibekali dengan inovasi teknologi lebih canggih dari sebelumnya. Fitur yang diusung pada motor ini merupakan pertama di kelasnya dan akan membuat pesaingnya gigit jari.

­Pengembangan motor sport entry-level ini pada sektor penampilan, dikatakan terinspirasi dari YZF-R1. Hasilnya motor tampak lebih sporti seperti terlihat pada penggunaan lampu depan yang bentuk dan dimensinya mirip dengan R1.

Walaupun jika ditelisik lebih jauh, tampilan motor ini lebih mirip Yamaha YZF-R7 yang belum lama ini diluncurkan. Yamaha YZF-R15 menggunakan satu buah lampu utama berteknologi Bi-Functional LED dan diapit oleh dua DRL disampingnya.

Yamaha YZF-R15 terbaru mendapatkan penyempurnaan pada sistem suspensi. Di bagian depannya menggunakan tabung suspensi berdiameter 37mm.

Peredam kejut ini disandingkan dengan sasis yang lebih rigid. Struktur kendaraan ini dikatakan lebih stabil pada sektor pengereman, kenyamanan dan kemampuan menikung.

Untuk mendukung kemampuan suspensi depan, motor ini dibekali triple clamp yang dirancang secara khusus. Komponen tersebut membantuk keseimbangan kendaraan mirip dengan M1.

Yamaha YZF-R15 model terbaru ini merupakan model pertama entry-level yang dibekali fitur kontrol traksi. Fitur ini mengatur bukaan timing pengapian dan sistem injeksi yang dibatasi.

Photo : Yamaha

Pengaturan tersebut membatasi tenaga mesin guna mencegah ban belakang slip.

Yamaha juga membenamkan fitur quick shifter pada produk terbarunya tersebut. Inovasi ini dikatakan langkah pertama pabrikan berlambang Garpu Tala pada motor bermesin satu-silinder mereka.

Fitur ini memberikan kenyamanan berkendara, khususnya saat melakukan perpindahan gigi lebih halus baik menaikkan maupun menurunkan gigi. Adapun fitur ini membuat pengendara tidak memerlukan aksi menekan kopling.

Hanya saja fitur ini baru bisa dimanfaatkan ketika berkendara pada kecepatan di atas 20 km/jam. Paling tidak putaran mesin harus di atas 2.000 rpm atau tengah berakselerasi.

Yamaha YZF-R15 terbaru masih mengandalkan mesin 155 cc 4-stroke berpendingin cairan SOHC. Jantung pacu kendaraan ini di atas kertas mampu menghasilkan daya maksimum 16 hp pada 10.000 rpm.

Sementara torsi puncak kendaraan dikatakan mencapai 14.2 Nm pada 7.500 rpm. Motor ini juga dibekali dengan sistem pembakaran VVA (Variable Valve Actuation) yang disandingkan dengan girbok 6-percepatan manual.

Lebih jauh Yamaha YZF-R15 terbaru dijejalkan fitu konektivitas seperti Nmax dan Aerox yang telah dipasarkan di Indonesia.

“Dengan bangga saya mengumumkan peluncuran pertama di dunia untuk YZF-R15 V4 di India. Peluncuran ini menunjukkan pasar India penting dan menjadi bagian dari rencana global kami,” ucap Motofumi Shitara, Chairman Yamaha Motor India Group.

Yamaha YZF-R15 2021 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 32 jutaan. Yamaha YZF-R15 V4 ditawarkan dengan pilihan warna Racing Blue, Dark Knight dan Metallic Red.

Lalu YZF-R15M hadir dengan pilihan kelir Metallic Grey dan livery Monster Energy Yamaha MotoGP Edition.

Artikel Terkait