Yamaha NMax dan Honda PCX Bakal Punya Pesaing Baru dari China

Yamaha NMax dan Honda PCX akan punya pesaing baru dari China dan skutik 150 ini ternyata cikal bakal Suzuki Brugman

Yamaha NMax dan Honda PCX Bakal Punya Pesaing Baru dari China
Photo: Istimewa

TRENOTO – Yamaha NMax dan Honda PCX diperkirakan bakal punya pesaing baru dari China bernama Haojue UHR 150. Dan ketika ditelisik lebih jauh, pabrikan motor Haojue ternyata rekanan Suzuki serta konon Haojue UHR 150 disebut menjadi cikal bakal model terbaru dari Suzuki Burgman 150. 

Kolaborasi Haojue dan Suzuki sendiri sebelumnya telah membuahkan hasil Suzuki Inazuma 250. Jadi wajar saja bermodal jejak kerjasama di atas akan terjadi lagi dan wajar juga jika pasar gemuk skutik 150 yang menjadi incarannya.

Haojue UHR 150 secara umum punya sosok agresif dan modern, terlihat langsung melalui dominasi desain lampu serta DRL LED. Dan jika diperhatikan dari desain windshield hingga bonnet secara keseluruhan, tak salah rasanya jika menyebut motor ini adalah Yamaha N-Max dengan Honda PCX yang melebur menjadi satu. Nuansa yang relatif sama dengan aura desain agresif juga terlihat pada bagian buritan. 

Dari titik ini rasaya sosok skutik China berikut tak kalah garang jika dibandingkan dengan Yamaha N-Max juga Honda PCX. Dan memang di sisi lainnya, rancang bangun dari Houjue UHR 150 tidak berbeda dari kedua calon kompetitornya. Satu contoh adalah posisi tangki bensinnya yang sama-sama di tengah bodi.

Haojue UHR 150 juga dilengkapi kaki-kaki dengan spesifikasi garpu teleskopik di depan dan sepasang shock absorber tanpa tabung di belakang. Kombinasi ini dipercaya mampu menghadirkan stabilitas dan kenyamanan terbaik saat berkendara di dalam maupun luar kota.

Sayang hingga berita ini dibuat belum ada informasi seputar mesin dari Haojue UHR 150. Namun rasanya tenaga serta torsi mesin tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan NMax juga PCX 150, bermain di sekitaran 15 hp dan 14 Nm.

Sebagai penyeimbang performa, Haojue UHR 150 dilengkapi dengan sistem pengereman ABS 2 kanal. Ini lebih baik dari Honda PCX yang hanya dilengkapi sistem ABS satu kanal saja. 

Untuk pengereman, pihak pabrikan melengkapinya dengan sensor ABS dua kanal. Nah di sisi ini, Haojue UHR 150 lebih unggul daripada Honda PCX 160 yang hanya memiliki ABS satu kanal saja (roda depan).

Haojue UHR 150 yang disebut sebagai calon new Suzuki Burgman kabarnya juga dilengkapi area kokpit modern dengan sistem informasi digital. Tak ketinggalan sistem kuncinya sudah menggunakan model kunci keyless.

Pertanyaannya, apakah Haojue UHR 150 akan masuk ke Indonesia? Rasanya jika Suzuki Indonesia berniat menjualnya sebagai new Suzuki Brugman akan lebih dilirik oleh para bikers ketimbang ditawarkan sebagai brand China. Nantikan kabar selanjutnya. 
 

Artikel Terkait