Yamaha R25 dan Honda CBR250RR punya Saingan Baru

Colove 321 hadir sebagai motor yang memiliki spesifikasi mirip dengan Yamaha R3 meskipun dinyatakan sebagai rancangan sendiri

Yamaha R25 dan Honda CBR250RR punya Saingan Baru
Photo: istimewa

TRENOTO – Colove 321 hadir sebagai penantang Yamaha R25, Honda CBR250RR hingga Kawasaki Ninja 250. Motor buatan China ini dikatakan menggunakan tampang orisinil, meskipun terlihat mirip Honda CBR250RR.

Belakangan ini pabrikan motor asal China maupun Taiwan sudah mulai menunjukkan tajinya. Produk-produk buatannya semakin kreatif tidak hanya modal menjiplak produk populer.

Salah satunya bisa dilihat pada Colove 321 yang dikatakan merupakan hasil rancangan murni mereka. Terlepasa dari adanya beberapa kemiripan baik dari segi tampilan hingga spesifikasi mesin.

Motor ini menggunakan mesin 322 dua-silinder segaris yang di atas kertas diyakini mampu menghasilkan daya 39 hp. Jika berkaca pada pesaingnya dari Jepang, besaran tenaganya masih jauh di bawah.

Namun diketahui Yamaha membagikan spesifikasi mesinnya pada salah satu produsen sepeda motor asal China ini. Bedanya hanya pada ukuran silinder yang menurut data terdapat selisih 1 cc.

“Casting dan layout mesinnya serupa, tapi tidak identik,” seperti dikutip Cycleworld.

Colove dikatakan memliki dua versi yakni fairing dan naked. Keduanya menggendong mesin yang sama hanya saja posisi berkendara saja yang berbeda.

Photo : istimewa

Colove 321 ditopang dengan sasis model trellis. Sasis model ini diketahui akrab digunakan pada motor asal benua Eropa seperti KTM dan Ducati.

Di Indonesia motor ini mungkin saja bisa bersaing dengan Yamaha R25, Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 hingga KTM RC 390. Namun di negaranya sendiri, Colove 321 bisa memperebutkan konsumen dengan CFMotor 300 SR.

Colove 321 telah menggunakan lampu LED dan DRL yang terpisah seperti Honda CBR250RR. Sementara bentuk spionnya tampak seperti milik Yamaha R25.

Kuda besi ini memiliki bodi yang serba lancip seolah menyiratkan bahwa ini adalah motor yang kencang. Buritan pada Colove terlihat sangat kecil dan runcing.

Bagian paling menarik adalah sistem kaki-kakinya yang mirip dengan moge-moge Eropa. Motor ini menggunakan lengan ayun model Pro Arm.

Lengan ayun model ini hanya menggunakan satu sisi untuk memegang ban. Gaya yang pernah digunakan pada Honda NSR 150 SP dan saat ini populer dijejali pada moge Ducati dan MV Agusta.

Lalu pada bagian knalpotnya pabrikan motor asal China ini cukup ciamik dalam merancang bentuknya. Dengan menggunakan bahan stainless bentuknya terlihat sangat pas melekat di motor.

Belum ada keterangan berapa harga resmi dari Colove 321. Namun pada versi nakednya dipasarkan Rp 54 jutaan.

Artikel Terkait