Yamaha R6 Race dan R6 GYTR Model 2022 Unjuk Gigi

Yamaha Europe menawarkan R6 Race dan R6 GYTR model 2022 untuk para pencinta kecepatan di lintasan balap

Yamaha R6 Race dan R6 GYTR Model 2022 Unjuk Gigi
Photo: Yamaha

TRENOTO – Yamaha Motor Europe kembali merilis salah satu model andalannya yakni R6 Race dan R6 GYTR. Sesuai dengan namanya, motor gede (moge) ini hadir khusus untuk penggunaan di sirkuit.

Sekadar mengingatkan kembali, Yamaha sudah menyuntik mati YZF-R6 versi jalan raya. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan YZF-R7 untuk konsumen yang hendak memiliki moge dengan kapasitas mesin tidak terlalu besar.

Meskipun sudah tidak lagi dipasarkan secara umum, pabrikan motor berlambang Garpu Tala tetap menawarkan versi sirkuit. Upaya tersebut dilakukan untuk para penggila kecepatan yang membutuhkan motor di segmen medium.

Yamaha R6 Race 2022

Sejatinya Yamaha YZF-R6 hanyalah motor produksi pada umumnya. Menjadi berbeda karena motor ini menanggalkan aksesori maupun perlengkapan sehari-hari.

Aksesori maupun komponen yang dihilangkan antara lain lampu-lampu, kaca spion, dudukan plat nomor, sein hingga spakbor belakang. Seluruhnya dicopot guna memangkas bobot motor keseluruhan dan mengurangi beban mesin.

Bicara fitur, motor yang dirancang khusus balapan tentunya memiliki kemampuan mesin luar biasa. Performa mesin yang di atas rata-rata, harus dibarengi dengan sistem pengereman memadai.

Photo : Yamaha

Untuk bisa menghentikan laju motor, kaliper depan dilengkapi 4-pot dengan cakram 320 mm dan paket elektronik Yamaha. Lalu belakangnya mengandalkan paket elektronik Yamaha.

Handling motor sendiri didukung oleh sistem peredam kejut buatan KYB. Meskipun suspensinya bukan tipe aktif.

Yamaha YZF-R6 GYTR dirancang untuk konsumen yang membutuhkan tambahan tenaga. Dikarenakan adanya tambahan komponen peningkat kecepatan.

Motor sendiri dilengkapi dengan ECU balap yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga konsumen yang gemar memacu motor di sirkuit bisa menemukan setingan yang pas.

Tidak hanya itu, Yamaha juga menambahkan beberapa komponen balap meliputi knalpot full sistem dari Akrapovic, AIS plug set dan ABS Emulator.

Lalu pada unit Yamaha R6 GYTR dibekali dengan selang rem berbahan stainless steel, kit pemindah gigi, pelindung sproket, pelindung tuas rem, rantai balap emas DID dan penyangga paddock.

Yamaha R6 Race dan R6 GYTR 2022 hanya ditawarkan dalam dua pilihan warna yakni hitam dan biru yang ikonis.

Artikel Terkait