Yamaha X-Force 2023 Meluncur Saingi Honda ADV

Yamaha X-Force 2023 hadir untuk menyaingi Honda ADV dengan tampilan yang sama-sama tangguh dan sangar

Yamaha X-Force 2023 Meluncur Saingi Honda ADV
Photo: Bikewale

TRENOTO – Yamaha X-Foce 2023 hadir untuk pasar Jepang dengan gaya dan tampilan baru. Wujud baru kendaraan semakin sporti dengan penyematan dua lampu depan terpisah.

Penempatan dua lampu depan terpisah memberikan tampang lebih tangguh bak produk-prouduk moge Yamaha. Adapun lampunya sendiri sudah menggunakan teknologi LED.

Yamaha X-Force 2023 juga dibekali dengan padu padan warna yang eksotis. Sehingga semakin menguatkan kesan eksotis pada kendaraan.

Motor ini menggunakan mesin sama dengan Yamaha Nmax dan Aerox yakni 155 cc. Teknologi yang diusung juga serupa yaitu berpendingin cairan dan VVA.

Photo : Bikewale

Jantung pacu andalan Yamaha tersebut dipercaya memiliki performa andal dan daya tahan yang mumpuni. Tidak heran jika pabrikan motor berlambang garpu tala tersebut juga menyematkan mesin pada R15 V4 dan MT-15.

Ouput mesinnya sendiri tidak jauh berbeda karena basisnya sama yakni tenaga 14.7 hp dan torsi puncak 14 Nm. Yamaha benar-benar memanfaatkan mesin ini untuk beberapa modelnya baik sport, matic hingga bebek sekalipun.

Urusan teknologi, Yamaha X-Force dijejali LED illumination yang memberikan perbedaan pada tampilan panel meter. Lalu motor juga memiliki kontrol traksi sehingga pengendalian motor lebih sempurna.

Sebagai motor modern, Yamaha X-Force juga dilengkapi dengan USB port dan konektivitas yang mengandalkan bluetooth. Fitur konektivitas juga menjadi salah satu teknologi andalan Yamaha meskipun fungsinya belum terlalu banyak.

Fitur konektivitas pada produk-produk Yamaha memang masih terlalu sederhana dibandingkan teknologi pada mobil saat ini. Namun dibandingkan kompetitor sekelasnya, Yamaha cukup terdepan dengan teknologi tersebut.

Dari sisi pengendaraan, Yamaha X-Force dipasangkan dengan suspensi teleskopik konvensional pada bagian depan. Lalu untuk meyokong bagian belakangnya disematkan dua shockbreaker.

Photo : Bikewale

Pada sektor pengereman, dihadirkan rem cakram dengan ukuran piringan depan 267 mm dan belakang 230 mm. Lalu adapula dual-channel ABS dan penggunaan ban 120/70 depan dan 130/70 belakang.

Jika melihat dimensinya tampak Yamaha X-Force 2023 lebih pendek daripada Aerox maupun Nmax. Bahkan motor ini memiliki dek yang luas sehingga bisa dimanfaatkan memboyong barang bawaan lebih banyak.

Yamaha X-Force 2023 dipasarkan 396.000 yen atau sekitar Rp42.8 juta.

Artikel Terkait