Yamaha YZF-R7 2021 Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?

Yamaha YZF-R7 2021 hadir di Thailand dan menggoda para pencinta motor sport di negeri Gajah Putih dengan harga Rp 142 jutaan

Yamaha YZF-R7 2021 Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?
Photo: yamaha Eropa

TRENOTO – Yamaha R7 2021 mulai dipasarkan di Thailand dengan harga 339.000 baht atau sekitar Rp 142 juta. Motor ini hadir untuk menggoda para penggemar motor sport kelas menengah.

Yamaha YZF-R7 debut di dunia pada Mei 2021. Motor ini sontak menjadi bahan perbincangan para biker karena penampilannya. Sebagai pengganti YZF-R6, motor ini menjadi pilihan menarik untuk para biker.

Meluncur di negeri Gajah Putih, Yamaha menawarkan dua pilihan warna yang menarik. Yamaha YZF-R7 2021 dipasarkan dengan pilihan warna Biru alias Icon Blue dan Hitam atau Yamaha Black.

Secara tampilan motor yang terinspirasi dari sang kakak yakni YZF-R1M ini sangat kuat dengan kesan sporti. Kuda besi ini memiliki air intake yang terdapat di tengah fairing dan menyisakan lampu utama berdimensi kecil di tengahnya.

Lalu di sampingnya terdapat DRL yang dikatakan membentuk Y-shaped. Kemudian bentuk tangki bahan bakar dan jok dibuat menyerupai moge terbesar dan terkencang Yamaha tersebut.

Dilansir dari Great Biker, kendaraan ini menggunakan mesin yang sama dengan versi Eropa. Adapun mesinnya juga berbagi basis dengan MT-07.

Photo : yamaha Eropa

Jantung mekanis kendaraan ini mengandalkan dua-silinder dengan kapasitas 698 cc. Sumber daya kendaraan YZF-R7 dikatakan menggunakan teknologi terkini dari Yamaha yakin Cross Plane (CP2).

Inovasi ini dikatakan membuat akselerasi kendaraan lebih baik daripada mesin pada umumnya. Disebutkan mesinnya mampu menghasilkan daya 73.4 hp pada 8.750 rpm, sementara torsinya mencapai 67 Nm pada 6.500 rpm.

Yamaha YZF-R7 2021 dipersenjatai ECU yang dapat menyesuaikan tenaga dengan medan jalan alias mode berkendara. Motor ini juga menggunakan gigi rasio yang disempurnakan termasuk bentuk intake dan jalur oli.

Motor ini ditopang dengan suspensi upside down (USD) pada bagian depan, sementara bagian belakangnya monoshock. Lalu untuk pengereman diberikan model cakram 4 piston yang dianggap sudah cukup mumpuni menghentikan kendaraan.

Yamaha juga membenamkan fitur slipper clutch yang membuat perpindahan gigi baik naik maupun turun menjadi lebih mudah. Fitur tersebut juga menjadikan perpindahan gigi semakin halus sehingga tetap aman saat berakselerasi dan deselerasi.

Pertanyaannya kapan motor ini akan masuk Indonesia? Mengingat pasar Thailand cukup dekat dan mirip-mirip dengan Indonesia.

“Saat ini kami belum ada rencana untuk impor R7,” ucap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada Trenoto (13/10).

Pasar motor sport di Indonesia memang mirip-mirip dengan Thailand, namun berbeda untuk urusan moge atau motor berkapasitas gede. Yamaha Indonesia misalnya, lebih tertarik memasarkan motor sport naked untuk pasar moge di Tanah Air.

Dikatakan motor jenis tersebut di atas memiliki lebih banyak penggemarnya daripada sport fairing. Oleh karena itu, mereka belum lama ini memboyong MT-07 dan MT-09 di Indonesia.

Artikel Terkait