Zongshen Cyclone RE250 Meluncur, Cafe Racer Pakai Mesin Aprilia

Zongshen Cyclone RE250 hadir untuk meramaikan pasar motor sport naked bergaya cafe racer namun tetap modern

Zongshen Cyclone RE250 Meluncur, Cafe Racer Pakai Mesin Aprilia
Photo: greatbiker

TRENOTO – Zongshen Cyclone RE250 meluncur dengan mengusung gaya Cafe Racer yang atraktif. Motor ini memadukan gaya klasik dan modern sehingga disebut neoclassical.

Disebutkan bahwa Zongshen merupakan pabrikan motor pemimpin pasar di China. Sebelumnya mereka meluncurkan Cylone RE3 dan sekarang hadir model yang lebih kecil mesinnya.

Tidak hanya mesin, namun bodinya juga lebih kecil daripada model sebelumnya. Beberapa sentuhan membuat motor terlihat lebih modern dan juga nyentrik.

Wujud modern pada kendaraan didukung oleh penggunaan pelek alloy berbentuk Y-shaped. Lalu suspensi belakang menggunakan monoshock menggantikan dual coil spring pada RE3.

Photo : greatbiker

Sedangkan suspensi depannya mengandalkan upside down berdiameter 38 mm.

Lalu sisi klasik pada motor didukung melalui penggunaan lampu depan berbentuk bulat. Gaya ini dikatakan terinspirasi dari motor Eropa pada era 80-an.

Kemudian bentuk cover tangki bahan bakar oval seperti air menetes juga dikatakan merujuk pada gaya lama. Handlebar atau biasa disebut setang menggunakan gaya scrambler yakni trapper.

Adapun kapasitas tangki bahan bakar sendiri mampu menampung 15 liter BBM.

Di balik setang tersemat windshield yang dikatakan memiliki fungsi untuk meningkatkan estetika kendaraan. Selain itu juga menghalau angin langsung menerpa dada pengendara.

Baca juga : Aprilia dan Moto Guzzi Semakin Eksklusif di Motoplex

Jok motor dibuat bertingkat untuk menambah kesan scrambler dan penumpang diposisikan lebih tinggi.

Bagian paling menarik dari motor tersebut adalah penggunaan mesin. Karena Zongshen Cyclone RE250 menggunakan jantung mekanis milik Aprilia.

Beberapa pihak menyebutkan bahwa kuda besi satu ini merupakan versi telanjang dari Aprilia GPR250R. Keduanya berbagi mesin sehingga bukan tidak mungkin nantinya akan lahir Aprilia versi naked.

Zongshen Cyclone RE250 dijejali dapur pacu 249.2 cc 1 silinder berpendingin cairan DOHC. Sumber daya kendaraan diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 20.5 hp pada 9.000 rpm.

Photo : greatbiker

Sementara torsi puncaknya dikatakan mencapai 22 Nm pada 7.000 rpm. Adapun daya mesin disalurkan melalui pelat kopling model basah dan didukung fitur assist & Slipper Clutch.

Sistem pengereman motor mengandalkan cakram dan disokong fitur dual ABS.

Layaknya motor modern, RE250 sudah dipersenjatai berikut sistem konektivitas. Sehingga penggunanya bisa terhubung dengan motor melalui sambungan bluetooth.

Zongshen Cyclone RE250 di China dipasarkan harga Rp42 jutaan.

Artikel Terkait