Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 15 Mei 2023 - News Trenoto1

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 15 Mei 2023

Layanan SIM keliling Bandung beroperasi seperti biasa pada 15 Mei 2023, berikut lokasi dan syaratnya

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 15 Mei 2023
Photo: Istimewa

TRENOTO – Memasuki minggu ketiga Mei 2023 layanan SIM keliling Bandung kembali beroperasi seperti biasa setelah akhir pekan. Masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan bisa memlih antara dua tempat yang disediakan oleh Korlantas.

Namun sebelum melakukan perpanjangan perlu dicatat status SIM harus masih aktif, alias belum melewati masa berlakunya. Kemudian ada sejumlah syarat dokumen lain yang harus dipenuhi.

SIM keliling Bandung melayani pemohon mulai pukul 09:00 sampai 12:00 WIB. Perlu luangkan waktu di pagi untuk menggunakan layanan ini.

Photo : TrenOto

Lokasi SIM Keliling Bandung Senin 15 Mei 2023

  • BTC Fashion Mall, Jalan
  • The Kings Shopping Centre, Jalan Kepatihan

Untuk menghindari keterlambatan, pemohon diimbau melakukan perpanjangan paling tidak 14 hari sebelum habis masa berlakunya.

Jika ingin melakukan permohonan pembuatan SIM baru bisa berkunjung ke kantor Satpas terdekat. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen pendukung seperti e-KTP.

Biaya Perpanjangan SIM

Agar tidak salah, ingat berikut ini besaran tarif untuk memperpanjang SIM seperti yang diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, di kisaran Rp30.000 sampai Rp80.000 tergantung dari jenis SIM.

Untuk menggunakan layanan SIM keliling Bandung berikut tarifnya.

  • SIM A: Rp80.000
  • SIM B: Rp80.000
  • SIM C: Rp75.000
  • SIM D: Rp30.000

Syarat Perpanjangan SIM

SIM keliling Bandung hanya bisa memproses untuk SIM A dan C. Sedangkan untuk SIM B hanya bisa dilakukan di kantor Satpas, karena prosesnya membutuhkan alat

  • Fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Fotokopi SIM lama dan aslinya
  • Bukti cek kesehatan
  • Bukti tes psikologi SIM

Baca juga: Cara Cabut Berkas Motor, Tak Bisa Rampung Dalam Sehari

Surat keterangan harus dari dokter yang ditunjuk kepolisian, pemohon dinyatakan sehat jasmani di lokasi pelayanan seperti diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021.

Selain kesehatan fisik pemohon juga harus membawa surat keterangan sehat rohani yang didapatkan dari lembaga psikologi.

Photo : TrenOto

Bagi penyandang disabilitas yang perlu menggunakan alat bantu dengar, harus telah memenuhi persyaratan kesehatan, sesuai rekomendasi dari dokter dibuktikan dengan surat keterangan sehat.

Mengingat sekarang angka penularan Covid-19 kembali tinggi pemohon diimbau untuk memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan menerapkan protokol kesehatan.

Artikel Terkait