104 SPKLU PLN Beroperasi, Siap Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, ratusan SPKLU PLN telah beroperasi di 38 kota dan akan terus bertambah

104 SPKLU PLN Beroperasi, Siap Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik
Photo: PLN

TRENOTO – Sebanyak 104 SPKLU PLN telah beroperasi di Indonesia. Ratusan unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), PT PLN (Persero) menegaskan pihaknya siap mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Melalui keterangan resminya, Agung Murdifi selaku Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN menyebut, seluruh SPKLU telah beroperasi dan siap melayani pemilik kendaraan listrik di 38 kota.

"Kami akan terus menambah pengoperasian SPKLU untuk memperluas jangkauan fasilitas pengisian energi kendaraan listrik. Pada tahun ini, perseroan bakal menambah 40 unit SPKLU di sejumlah kota," katanya dilansir Antara, Kamis (24/2/2022).

Terus menambahnya SPKLU di Indonesia merupakan salah satu upaya PLN meningkatkan minat masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan, khususnya mobil atau motor listrik. 

Dalam penjelasannya, Agung menyebut, pihaknya tak hanya melakukan penambahan 40 SPKLU di 2022, namun juga menyediakan fasilitas dengan pengisian daya cepat sebanyak 44 unit dan home charging 100 unit untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Seluruh layanan yang disediakan siap beroperasi pada Agustus 2022 mendatang.

"Saat ini, sudah terdapat lima unit SPKLU yang sudah beroperasi, serta 16 unit SPKLU tipe medium dan fast charging dalam tahap penyelesaian pembangunan," tutur Agung.

Menjawab ketakutan pemilik kendaraan listrik bila baterai mobil atau motor habis, Agung menjelaskan SPKLU di sejumlah tempat bisa menjadi solusi.

Photo : PLN

Meski telah memiliki ratusan tempat pengisian kendaraan listrik, PLN menegaskan pihaknya tak akan berhenti dan akan terus memperluas pengoperasian SPKLU. 

"Bahkan ketika penguna kendaraan listrik melakukan perjalanan dari Aceh sampai Surabaya tidak perlu khawatir karena SPKLU telah tersedia di banyak daerah," tuturnya.

Sebelumnya, PLN telah menambah 10 SPKLU di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua (Sulmapana).

“PLN mengajak dan membuka peluang seluas luasnya bagi seluruh pihak atau badan usaha untuk dapat berkolaborasi bersama atau menjadi mitra dalam penyediaan SPKLU berbasis model bisnis sharing economy,” kata Adi Priyanto,  Direktur Bisnis Regional Sulmapana PLN dalam keterangan resminya. 

Adapun SPKLU regional Sulmapana tersebar di beberapa wilayah Indonesia Timur, seperti Manado sebanyak 3 unit, Kendari dan Makassar 3 unit, Ambon 1 unit, Labuan Bajo 1 unit, Mataram 1 unit dan Papua 1 unit.  

Artikel Terkait