3 GPS Terbaik untuk Mudik Lebaran 2022

3 GPS terbaik untuk mudik Lebaran 2022 yang bisa membatu dalam perjalanan ke kampung halaman dengan aman dan nyaman

3 GPS Terbaik untuk Mudik Lebaran 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Memilih GPS paling pas untuk kebutuhan ketika mudik sering kali dilupakan ketika mempersiapkan perjalanan. Padahal, mudik biasanya menempuh jarak cukup jauh dengan rute yang jarang dilalui oleh pengemudi.

Bahkan tidak jarang, demi mencairkan kepadatan lalu lintas, Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan perjalanan ke jalur alternatif. Kondisi tersebut tentu dapat membingungkan pengemudi yang tidak siap akan perubahan.

Tentu kekhawatiran tersebut bisa diatasi asalkan sudah menyiapkan GPS sebelum perjalanan. Hal ini karena GPS dapat memperhitungkan ulang perjalanan dan menunjukkan rute menuju lokasi yang ingin dituju.

3 GPS Terbaik untuk Mudik Lebaran 2022

Google Maps

Photo : Trenoto

Aplikasi ini adalah yang paling umum digunakan masyarakat di Indonesia. Selain bisa digunakan pada semua jenis smartphone seperti Android dan iOS, Google Maps juga terbilang sederhana dalam pengoperasiannya.

Penggunanya hanya perlu menuliskan tujuan perjalanan dan aplikasi langsung memberikan jalur tercepat dan beberapa jalur alternatif. Pengguna tinggal memilih rute mana yang ingin ditempuh dan aplikasi akan terus menampilkan pilihan tersebut

Google Maps juga akan memberikan informasi perkiraan waktu tempuh perjalanan serta titik kemacetan. Meski tidak selamanya tepat tapi secara umum terbilang cukup akurat.

Waze

Photo : Waze

Aplikasi Waze juga umum menjadi pilihan masyarakat untuk menjadi GPS andalan. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga bisa digunakan di android dan iOS.

Keunggulan dari Waze adalah para pengguna bisa saling terhubung dan memberitahu kondisi jalan terkini. Tentunya ini akan lebih akurat dibandingkan dengan aplikasi lain yang menggunakan algoritma berbeda dalam menentukan titik kemacetan.

Tak hanya kondisi jalan, para pengguna juga bisa memberi tahu kondisi-kondisi jalan selain kemacetan. Mulai dari lokasi razia kepolisian hingga penyebab kepadatan yang umumnya tidak bisa ditampilkan pada aplikasi lain.

Route 66 Navigate

Photo : Nissan

Meski tidak terkenal seperti Google Maps dan Waze, Route 66 Navigate memiliki beragam keunggulan menarik. Hal ini karena Route 66 Navigate mampu memberikan gambaran visual secara 3D tentang kondisi di sekitar kota.

Tak hanya itu, Route 66 Navigate juga memiliki keunggulan lain karena mampu menampilkan rute secara offline. Sehingga akan sangat berguna bila berkendara didaerah terpencil sehingga pengguna tetap tidak tersesat.

Meski demikian pengemudi disarankan untuk tidak terlalu bergantung pada GPS. Alangkah baiknya bila pengemudi memiliki setidaknya sedikit pengetahuan tentang rute perjalanan sehingga bisa memutuskan dengan lebih bijak.