3 Penyebab Mobil Terbakar, Pemilik Wajib Tahu

Penyebab mobil terbakar wajib diketahui pemilik agar tidak kehilangan aset berharga hingga nyawa di dalamnya

3 Penyebab Mobil Terbakar, Pemilik Wajib Tahu
Photo: 123rf

TRENOTO – Kabar mengenai mobil terbakar belakangan kerap terjadi sehingga cukup menakutkan. Mengetahui penyebab mobil mudah terbakar merupakan solusi untuk meminimalisirnya.

Mobil merupakan aset berjalan yang berharga. Untuk menjaganya diperlukan upaya yakni perawatan rutin.

Kejadian mobil terbakar sendiri tidak hanya terjadi pada mobil lawas. Belakangan unit mobil baru sekalipun memiliki kemungkinan untuk terbakar jika tidak dirawat secara berkala.

Meskipun belum lama ini pabrikan mobil melengkapi unit produknya dengan alat pemadam kebakaran. Namun antisipasi hingga mengetahui penyebab mobil mudah terbakar membuat perjalanan lebih nyaman.

Kebakaran pada mobil tidak bisa dianggap sepele karena tidak hanya kehilangan harta. Hal tersebut juga bisa menyebabkan kehilangan nyawa.

Photo : 123RF

“Ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang sebenarnya sudah bisa dikenali pengemudi sejak awal. Dengan mengenali penyebabnya akan memudahkan tindakan pencegahan lebih dini,” ucap Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot dalam siaran resminya.

  1. Kebocoran Aliran Bahan Bakar

Bensin atau bahan bakar adalah penyebab pertama dari kebakaran pada mobil. Adanya kebocoran pada BBM meningkatkan potensi terjadinya kebakaran pada kendaraan.

  1. Material Mudah Terbakar

Seperti disebutkan sebelumnya, mengetahui penyebabnya bisa meminimalisir kejadian. Mesin bakar yang menimbulkan panas berpotensi untuk memicu untuk terjadinya kebakaran pada mobil.

Mesin terlalu panas harus mendapat perhatian dari pengguna mobil. Hal ini karena bisa menyulut terbentuknya api pada komponen berdekatan.

Baca juga : 4 Modifikasi Royal Enfield Classic di Negara Asalnya

“Kebocoran aliran bensin bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Jika selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki maka disarankan datang ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian,” kata Roni kemudian.

  1. Kelistrikan

Sistem kelistrikan kendaraan juga patut mendapat perhatian para pemiliknya masing-masing. Korsleting pada sistem tersebut bisa memantik timbulnya api.

Photo : 123rf

Sumber korsleting sendiri bukan hanya tikus saja yang merusak kabel penghantar listrik. Namun sambungan atau soket kendur bisa juga menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

  1. Modifikasi

Ubahan pada kendaraan khususnya berkaitan dengan sistem kelistrikan patut diwaspadai konsumen. Salah satunya adalah melakukan penggantian jenis lampu mobil atau penambahan daya.

Penggantian komponen yang tidak standar alangkah baiknya mendapat pertimbangan lebih jauh. Karena selain menyebabkan kebakaran, modifikasi juga bisa mengugurkan garansi apabila menyangkut kelistrikan.

Artikel Terkait