4 Tanda Volume Oli Mesin Berkurang

Volume oli mesin bisa berkurang malah cukup banyak karena beragam masalahnya, yuk simak tanda-tandanya

4 Tanda Volume Oli Mesin Berkurang
Photo: Istimewa

TRENOTO – Merawat mesin mobil sejatinya bukan perkara sulit, lain halnya dengan urusan memperbaiki. Anda dan semua pemilik mobil tentu bisa melakukan perawatan, salah satu kuncinya adalah mencurahkan sedikit perhatian.

Salah satu yang butuh diperhatikan pada mesin mobil adalah oli. Selain aktivitas rutin mengganti oli dan filter, Anda serta pemilik mobil juga harus memperhatikan volume oli mesin. karena jika berkurang serta didiamkan maka punya dampak yang merusak.

Volume oli mesin berkurang adalah sumber dari beragam masalah dan diawali dengan timbulnya suara kasar. Gesekan antar komponen terjadi karena tidak terlumasi dengan benar. Komponen yang bergesekan tentu akan cepat aus, kurangnya oli dikemudian hari membuat temperatur mesin otomatis naik dan bermuara pada overheat atau masalah-masalah lainnya. 

Tanda-Tanda Volume Oli Mesin Berkurang

Tanda-tanda volume oli mesin berkurang bisa diperhatikan dengan beberapa pengecekan.

Photo : trenoto

1. Cek oli mesin melalui dipstick 
Dipstick adalah batang besi yang tertancap di mesin, posisinya langsung ke sumber penyimpanan oli. Mencarinya cukup mudah karena punya ujung berwarna terang seperti putih, kuning atau merah.

Untuk mengetahui volume oli mesin cukup dengan mencabutnya dan bersihkan ujung dipstick lalu tancapkan kembali kemudian cabut lagi. Di ujung akan terlihat volume oli yang ada dan sebaiknya lakukan hal ini saat mesin lama tidak menyala seperti di pagi hari.

Artikel Terkait