5 Bagian Mobil Rentan Karat di Musim Hujan

Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini berpotensi menyebabkan beberapa bagian mobil rentan karat

5 Bagian Mobil Rentan Karat di Musim Hujan
Photo: 123RF

TRENOTO – Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini, berpeluang untuk membuat beberapa bagian mobil mengalami karat. Dikarenakan bodi mobil akan terkena hujan terus menerus dan mungkin sesekali melintasi jalan tergenang bahkan banjir.

Oleh karena itu, antisipasi perlu dilakukan agar tidak menyesal kemudian hari. Para pemilik mobil sebaiknya memperhatikan beberapa bagian mobil yang kerap karatan.

TrenOto merangkum beberapa bagian mobil rentan karat di musim hujan :

  1. Engsel Pintu

Engsel pintu dikatakan merupakan salah satu bagian mobil yang rentan karatan. Karena terdapat jalur air pada engsel pintu sehingga berpotensi menimbulkan karat.

Bagian ini kerap basah saat terkena hujan atau ketika mencuci mobil. Maka dari itu sebaiknya pemilik mobil sering mengeringkan bagian tersebut, karena selain karat bisa juga menimbulkan jamur.

  1. Area Kolong Mobil

Area tersebut memiliki potensi cukup besar terdapat karat. Dikarenakan posisinya berada di paling bawah kendaraan.

Sehingga saat melintasi area jalan basah saja, bagian ini sudah bisa dipastikan minimal terkena cipratan. Apalagi saat dalam keadaan hujan dan banjir sekalipun, area kolong mobil rentan basah hingga berpotensi besar menimbulkan karat.

Ditambah lagi pada mobil lawas yang pelapis anti karatnya mulai memudar, walhasil serangan mulai datang.

Photo : 123RF

  1. Ruang Mesin

Berkendara pada musim hujan, pemilik sebaiknya rajin memeriksa ruang mesin. Karena pada umumnya mobil lawas hingga baru dengan harga terjangkau, biasanya tidak dilengkapi dengan penutup bagian bawah mesin.

Ruang mesin harus tetap kering agar tidak diserang karat yang bisa menyusahkan para pemiliknya masing-masing.

  1. Rack Steer

Selain kolong mobil, rack steer juga memiliki risiko paling besar yang mengalami karat. Lokasi komponen yang berada di paling bawah menjadi salah satu penyebabnya.

Rack steer sendiri adalah komponen yang menjadi penghubung antara setir atau lingkar kemudi, dengan kaki-kaki mobil.

  1. Atap Mobil

Gelembung yang muncul karena hujan juga bisa menjadi salah satu tanda timbulnya karat pada atap mobil. Karat bisa mendorong permukaan di atas cat sehingga menimbulkan gelembung.

Artikel Terkait