5 Cara Praktis Merawat Helm agar Tetap Awet

Cara merawat helm sendiri di rumah tidak terlalu susah dan terdapat produsen yang menawarkan paket perawatan dengan lengkap

5 Cara Praktis Merawat Helm agar Tetap Awet
Photo: 123RF

TRENOTO – Helm pada dasarnya merupakan perangkat penting dalam berkendara khususnya roda dua. Helm berfungsi untuk melindungi kepala yang tidak lain adalah bagian vital dalam tubuh manusia.

Helm sendiri terdiri dari berbagai jenis meliputi full face, half face dan modular. Dalam kesempatan ini, TrenOto akan membahas perawatan helm jenis full face.

Untuk bisa melindungi secara maksimal, helm harus mendapat perawatan rutin. Adapun merawat helm sendiri bisa dilakukan sendiri di rumah, karena cukup mudah.

Dengan melakukan perawatan rutin, selain memberikan tampilan prima juga berfungsi untuk menjaga kebersihan helm. Sehingga dalam penggunaannya, helm akan selalu nyaman digunakan.

Photo : 123RF

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara praktis membersihkan helm sendiri di rumah.

  1. Melepaskan bagian helm

Helm motor terdiri dari beberapa bagian. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pembersihan bisa dimulai dari melepaskan setiap bagian seperti visor, busa atau padding, hingga kain atas atau crown pad.

  1. Membersihkan dengan sikat gigi

Masalah yang biasanya mengganggu fungsi helm karena adanya kotoran yang melekat di sela-sela ventilasi atau mekanisnya. Debu pada helm bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi karena untuk menjangkau lubang-lubang sempit.

  1. Membersihkan visor (kaca helm)

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan visor. Komponen satu ini memegang peranan penting dalam sebuah helm.

Karena jika kotor atau tergores, maka bisa mengganggu pandangan ke jalan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

  1. Mencuci busa helm

Untuk bagian satu ini, perlu diperhatikan instruksi yang diberikan setiap produsen helm masing-masing. Karena untuk busa helm, ada yang bisa dicuci dengan menggunakan air dan tidak.

Jika tidak, maka pembersihannya cukup disikat kering lalu dijemur dan dilap dengan kain microfiber. Namun apabila terlalu kotor sebaiknya diserahkan kepada ahlinya.

  1. Memoles helm

Setelah membersihkan bagian dalam dan sela-sela ventilasi, langkah selanjutnya adalah dengan memoles helm. Bodi luar helm kerap terkena sinar matahari langsung dan guyuran air hujan.

Oleh karena itu memoles helm bisa mengembalikkan tampilan seperti sediakala.

Photo : Pribadi

Untuk mendukung perawatan helm secara mandiri di rumah, terdapat produk yang mempermudah upaya tersebut. Adalah Cargloss yang menawarkan produk-produk perawatan helm sehingga mempermudah pengerjaannya.

Adapun produknya meliputi Cargloss Anti Fog, Aromatic helmet freshner, multi shinner dan water repellant. Keempat produk tersebut memudahkan konsumen untuk mengembalikan pesona dari helm seperti sediakala.

Artikel Terkait