5 Fitur Pengaman Pertamina Lubricants Cegah Pemalsuan

Menjaga kualitas produk dan mencegah pemalsuan oli, Pertamina Lubricants memberikan fitur keamanan yang mudah bagi konsumen

5 Fitur Pengaman Pertamina Lubricants Cegah Pemalsuan
Photo: 123RF

TRENOTO – Melihat maraknya peredaran oli palsu di masyarakat, PT Pertamina Lubricants memberikan fitur keamanan bagi produk miliknya. Hal ini dilakukan agar konsumen bisa dengan mudah mengetahui mana produk asli dan palsu.

Saat diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rizal Wahyu Abdillah selaku Senior SE Retail Bogor Sales Region III PT Pertamina Lubricants menjelaskan, terdapat 5 fitur keamanan yang terdapat pada kemasan pelumas.

"Saat ini produk pelumas Pertamina telah dilengkapi dengan 5 fitur pengaman, di antaranya adalah triple layer, nomor batch yang tercetak di bagian botol, pengaman UV, hologram original di tutup botol, dan terdapat QR code pada label kemasan," kata Rizal.

Untuk lebih jelasnya, TrenOto akan membahas kelima fitur tersebut secara menyeluruh. Berikut ulasannya:

  1. Triple Layer

Selain meminimalisir terjadinya pemalsuan oli, hadirnya triple layer juga memberikan jaminan dari sisi kualitas. Hadirnya fitur keamanan ini, membuat oli yang ada di dalam kemasan tidak mudah bocor atau rembes.

Dengan demikian, volume yang telah ditetapkan akan terjaga dan kendaraan akan berkerja maksimal karena sesuai dengan kebutuhan. 

  1. Nomor Batch

Terdapat pada bagian kemasan, hadirnya nomor batch akan menambah rasa aman karena teknologi yang digunakan sudah cukup canggih. Saat mencetak fitur ini, Pertamina Lubricants menggunakan botol berkualitas Gen IV dan Gen VII.

Hadirnya fitur ini akan memudahkan konsumen saat harus membedakan pelumas Pertamina asli atau palsu hanya melalui kemasan.

Photo : Pertamina Lubricants

  1. Hologram

Menambah kenyamanan konsumen, Pertamina Lubricants juga memberikan hologram pada tutup botol oli. Karena itu, konsumen perlu mengetahui kalau setiap pelumas asli yang dijual harus memiliki hologram.

Apabila tak ditemukan hologram pada tutup kemasan, sudah dipastikan barang tersebut merupakan produk palsu.

  1. Pengaman UV

Fitur keamanan selanjutnya ialah pengaman sinar UV. Saat botol kemasan oli mendapat sinar UV,  terlihat dengan jelas logo dan tulisan Pertamina.

  1. QR Code

Terakhir ialah menempel QR code pada kemasan pelumasnya. Dengan penggunaan kode yang ada di setiap botol. Konsumen bisa melakukan scan, sehingga diketahui dengan pasti apakah barang tersebut asli atau palsu.

"QR code ada di kemasan. Jadi, tinggal di-scan saja," tegas Rizal.

Artikel Terkait