60 Mikrotrans AC Siap Beroperasi, Punya CCTV dan Sabuk Pengaman

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) siapkan 60 Mikrotrans AC dengan beragam fasilitas bagi masyarakat

60 Mikrotrans AC Siap Beroperasi, Punya CCTV dan Sabuk Pengaman
Photo: Transjakarta

TRENOTO – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) secara resmi meluncurkan 6 unit armada Mikrotrans AC yang akan terintegrasi dengan Jak Lingko. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan angkutan umum di wilayah DKI Jakarta.
 
Angelina Betris selaku Plt Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta mengatakan, peluncuran armada baru dilakukan dengan penandatangan komitmen implementasi Mikrotrans AC antara Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Transjakarta dan Mitra Operator. 

"Kami sangat berterimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta beserta jajaran yang telah mendukung hadirnya layanan Mikrotrans AC ini. Kami berharap pelanggan bisa merasa lebih nyaman ketika menggunakan layanan Mikrotrans dalam kegiatan sehari-hari. Mengingat ini merupakan layanan first miles dan last miles,” kata Betris di Jakarta.

Selain 6 unit armada Mikrotrans AC prototipe yang dihadirkan, Betris menegegaskan pihaknya akan menambah 60 unit kendaraan dalam waktu dekat. Ini sebagai langkah awal melayani masyarakat dengan lebih optimal. 

“Untuk armada sudah diluncurkan, namun untuk rute operasi masih dalam kajian. Kita akan berfokus pada wilayah terintegrasi stasiun dan rute-rute baru yang belum terlayani Mikrotrans,” tuturnya.

Dalam penjelasannya, Betris menyebut, armada Mikrotrans AC telah dilengkapi beragam fasilitas, seperti AC double (Front & Rear- ceiling), running text (menampilkan informasi rute beroperasi), pintu sliding otomatis di mana proses buka dan tutup pintu dari pramudi, TV widescreen, CCTV, DVR, OBU, palu pemecah kaca dan kursi pelanggan yang dibuat lebih nyaman karena menggunakan bahan busa. 

Photo : Transjakarta

Selain itu, armada ini juga memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan beberapa transportasi umum lainnya, yakni mampu menampung hingga 12 orang termasuk pengemudi.

“Armada ini juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan yang sejalan dengan misi dan visi perusahaan di mana kita tidak hanya hanya berfokus pada kualitas layanan saja, tetapi juga pada keselamatan baik pramudi dan pelanggan. Pelanggan diwajibkan melakukan Tap In dan Tap Out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam acara ini hadir juga Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Ketua DPP Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Haris Muhammadun, jajaran Direksi PT Transjakarta dan para Mitra Operator.

Artikel Terkait