9 Lokasi SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Bekasi dan Tangsel

Lokasi SIM Keliling hari ini kembali mendapat perubahan titik guna memudahkan masyarakat mendapatkannya

9 Lokasi SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Bekasi dan Tangsel
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Kemudahan kembali diberikan kepolisian bagi mereka yang hendak memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Kemudahan tersebut adalah menggelar layanan SIM Keliling di sejumlah lokasi di Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Lokasinya sendiri pun sudah disesuaikan guna memastikan kemudahan akses masyarakat dari berbagai wilayah. Dengan demikian diharapkan pemohon tidak merasa terbebani dalam menjalankan kewajibannya.

Perlu diketahui bahwa SIM kendaraan memiliki masa berlaku yang terbatas yaitu 5 tahun. Untuk itu masyarakat harus rutin memperbarui agar dapat berkendara menggunakan kendaraan bermotor secara legal di jalanan umum.

Photo : NTMC Polri

Guna memudahkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas, membuat pihak Kepolisian menyiapkan beragam fasilitas untuk memudahkan para pemohon, termasuk SIM Keliling. Selain memiliki keunggulan lokasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, proses layanan pun terbilang cukup cepat sehingga tidak membuang waktu.

Lokasi SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Bekasi dan Tangsel

  • Jakarta Timur : Mall Grand Cakung (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Barat : LTC Glodok & Mall Citraland (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng (waktu operasional 08.00 – 12.00 WIB)
  • Bekasi : Carrefour Harapan Indah (waktu operasional 08.00 – 10.00 WIB)
  • Tangsel (Pamulang) : Pamulang Square (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB)
  • Tangsel (BSD) : ITC BSD (waktu operasional 08.00 – 13.00 WIB dan 15.00 – 17.00 WIB)

Namun perpanjangan hanya bisa dilakukan bila pemiliknya tidak terlambat untuk mengurusnya. Pasalnya, bila terlambat melakukannya meski hanya 1 hari maka pemegang SIM diharuskan untuk melakukan prosedur pembuatan kartu baru.

Photo : Trenoto

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa berkas, seperti KTP serta SIM lama dengan biaya sebesar Rp80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut masih belum termasuk biaya periksa kesehatan Rp25 ribu serta asuransi.

Perlu diketahui bahwa layanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A serta C. Sementara untuk pembuatan SIM baru, masyarakat harus mendatangi Satuan Penyelanggara Administrasi SIM (Satpas) Polri terdekat.

Artikel Terkait