Ada Perubahan Nama Jalan, Masyarakat Tidak Perlu Ganti STNK

Masyarakat dipastikan tidak perlu ganti STNK karena penggantian nama jalan yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta

Ada Perubahan Nama Jalan, Masyarakat Tidak Perlu Ganti STNK
Photo: 123rf

TRENOTO – Perubahan 22 nama jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang membuat sebagian masyarakat terkejut. Pasalnya kebijakan tersebut berdampak terhadap identitas masyarakat di sekitarnya.

Meski demikian, Irjen Pol Firman Santybudi, Kepala Korlantas Polri menegaskan bahwa masyarakat yang terdampak atas pergantian nama di sejumlah ruas jalan dipastikan tidak perlu mengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Perubahan baru akan dilakukan secara bertahap.

“Masyarakat yang terkena dampak (perubahan 22 nama jalan) tidak diwajibkan untuk mengganti STNK. Namun data perubahan nama jalan akan kami sesuaikan,” tegasnya.

Photo : Trenoto

Ia menambahkan, perubahan STNK menyeluruh baru akan dilakukan setelah tahun kelima atau saat pembaruan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) STNK. Proses tersebut pun akan dilakukan secara bertahap.

“Selanjutnya, setelah tahun kelima, ketika masa STNK telah habis, baru akan dilakukan penggantian PNBP yang berlaku seperti sekarang (prosesnya akan bertahap),” ucapnya.

Photo : Toyota

Sebagai informasi, Sesuai Keputusan Gubernur Nomor 565 Tahun 2022, Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan nama baru bagi ruang publik (jalan, gedung serta zona khusus). Mereka menggunakan nama-nama tokoh Betawi yang berjasa bagi perjalanan Jakarta dan Indonesia.

Artikel Terkait