Ada Tol Baru Menuju GIIAS, Tarifnya Masih Gratis

Ada tol baru menuju GIIAS 2022 yang difungsikan tanpa tarif guna memudahkan masyarakat menjangkau lokasi

Ada Tol Baru Menuju GIIAS, Tarifnya Masih Gratis
Photo: BPJT

TRENOTO – Selama ini Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah menjadi salah satu event otomotif terbesar di Tanah Air. Tidak mengherankan bila sejumlah APM pun memanfaatkannya dengan meluncurkan beragam produk baru guna menarik minat pelanggan.

Namun banyak yang menilai bahwa lokasinya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City kurang strategis. Untungnya mulai gelaran tahun ini, akses akan menjadi lebih mudah karena ada tol baru menuju GIIAS 2022.

Jalan tol baru tersebut adalah Serpong - Balaraja Seksi 1A yang akan difungsikan mulai hari ini hingga 21 Agustus 2022. Dalam 11 hari ke depan, masyarakat bisa menikmatinya tanpa tarif atau gratis.

Photo : Gaikindo

Kebijakan diterapkan setelah ruas jalan sepanjang 5.15 Km melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO). Pengujian sendiri telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan serta Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain menjadi akses menuju GIIAS 2022, kehadiran jalan tol Serpong – Balaraja Seksi 1 A  bisa menjadi jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas. Terlebih Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten kini sudah semakin berkembang sehingga perlu infrastruktur memadai.

Jalan tol Serpong - Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I (BSD–Legok) sejauh 11,3 Km, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 Km dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 17,8 Km.

Photo : Jasa Marga

Keistimewaan lain adalah rute Serpong - Balaraja akan terkoneksi oleh sejumlah jalan tol lainnya. Salah satunya adalah  Serpong - Ulujami yang juga terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Dalam mendukung kesiapan pengoperasian, pihak operator telah memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas, lampu penerangan, rambu lalu lintas hingga mesin untuk transaksi non-tunai. Dengan demikian diharapkan tidak akan membutuhkan waktu lama untuk pengoperasian sepenuhnya.

Namun pengemudi diharapkan tetap berhati-hati dalam berkendara. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang bisa saja timbul karena kurangnya kewaspadaan.

Artikel Terkait