Awas Macet Parah, Ada Perbaikan Jalan di Tol Jakarta Cikampek

Perbaikan jalan di tol Jakarta Cikampek akan dilakukan malam ini sehingga diharapkan pengguna jalan menjadwalkan ulang perjalanan

Awas Macet Parah, Ada Perbaikan Jalan di Tol Jakarta Cikampek
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Bagi yang hendak berkendara ke arah timur Jakarta, tak ada salahnya merencakanan ulang waktu perjalanan. Pasalnya Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD), pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM)m service provider pemeliharaan jalan melakukan pekerjaan rekonstruksi pavement di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Meski biasanya kepadatan lalu lintas di akhir pekan cukup tinggi, perkerjaaan dinilai tidak bisa ditunda. Hal ini karena penyelenggara jalan tol harus menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap terpenuhi.

Rencana Pekerjaan Rekonstruksi:

Photo : Jasa Marga

  • Pekerjaan rekonstruksi rigid pavement di On Ramp Gerbang Tol  Bekasi Barat 2 dengan panjang penanganan 30 meter. Pelaksanaan akan dilakukan Jumat 10 Juni 2022 pukul 23.00 WIB hingga Minggu 12 Juni pukul 21.00 WIB.
  • Pekerjaan rekonstruksi flexible pavement KM 42+460 s.d KM 42+323 lajur 3 arah Jakarta dengan panjang penanganan 137 meter. Kegiatan akan dilangsungkan pada Jumat, 10 Juni pukul 21.00 WIB hingga Sabtu 11 Juni 2022 pukul 11.00 WIB.
  • Pekerjaan rekonstruksi flexible pavement KM 41+634 s.d KM 41+608 lajur 3 arah Jakarta dengan panjang penanganan 26 meter. Proyek akan dikerjakan pada Sabtu 11 Juni 2022 pukul 21.00 WIB hingga Minggu 12 Juni 2022 pukul 11.00 WIB.
  • Pekerjaan rekonstruksi rigid pavement KM 31+965 hingga KM 31+536 arah Jakarta Bahu Luar dan Lajur 1 dengan panjang penanganan 223 meter. Pekerjaan dilakukan pada Senin 13 Juni pukul 10.00 WIB hingga Minggu 19 Juni 2022 pukul 08.00 WIB.

Keempat titik tersebut diklaim telah mengalami kerusakan sehingga dilakukan perbaikan agar tidak merugikan pengguna jalan. Meski perbaikan jalan dilakukan, arus lalu lintas tetap akan dibuka sehingga diharapkan mobilitas masyarakat tetap terjaga.

Photo : Jasa Marga

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Cikampek masih beroperasi secara normal,” terang Nouval M. Rizky, Operation and Maintenance Departement Head Representative Office 1 JTTRD.

Guna menghindari kepadatan lalu lintas, pihak Jasa Marga telah telah menyiapkan mitigasi risiko. Mulai dari pengalihan arus lalu lintas, mempersempit area kerja, persiapan contra flow apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat, serta berkoordinasi dengan Kepolisian.

Selain itu Jasa Marga juga sudah melakukan beragam sosialisasi untuk memastikan masyarakat mengetahui kegiatan tersebut. Salah satunya adalah melalui spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Meski sudah dilakukan banyak persiapan, tetap saja ada kemungkinan terjadi kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi. Untuk itu diharapkan kepada pengguna jalan agar melakukan penjadwalan ulang agar perjalanan tidak terganggu.

Artikel Terkait