Cara Aman Melintasi Banjir dengan Sepeda Motor

Terdapat cara aman melintasi banjir apabila pengendara sepeda motor terpaksa memacu kendaraannya dalam situasi ini

Cara Aman Melintasi Banjir dengan Sepeda Motor
Photo: 123RF

TRENOTO – Musim hujan menjadi penyebab utama terjadinya banjir di beberapa ruas jalan. Tak jarang pengendara motor nekat melalui genangan air meski mengetahui risiko yang harus dihadapi.

Meski terlihat sepele, terdapat cara aman melintasi banjir dengan sepeda motor. Hal ini tentu berguna saat musim hujan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia.

Untuk lebih jelas, berikut cara melewati banjir dengan sepeda motor seperti dilansir Federal Oil :

  • Jalan Perlahan

Saat terpaksa memacu kendaraan melewati banjir, pengendara sebaiknya berkendara dengan berlahan. Keterbatasan penglihatan menjadi alasan utamanya.

Apabila pengendara nekat berkendara dengan kecepatan tinggi, sepeda motor bisa saja menghantam lubang, batu atau selokan. Akibatnya, pengendara bisa saja terjatuh dan mengalami kecelakaan.

Tak hanya itu, berjalan perlahan juga dapat mencegah air masuk ke dalam komponen kelistrikan dan berakibat pada mogoknya kendaraan.

  • Mematikan Mesin

Saat mengetahui ketinggian air yang dilalui melebihi mesin, pengendara sebaiknya mematikan kendaraan. Hal ini akan memperkecil risiko air masuk ke dalam jantung pacu.

Namun, jika situasi tak memungkinkan melanjutkan perjalanan, pengendara sebaiknya memutar arah dan mencari jalan alternatif lain. Penting diingat, pengendara harus mengetahui ketinggian air sebelum nekat melaluinya.

  • Menutup Komponen Penting

Jika motor terpaksa menerjang bajir, akan lebih aman jika pengendara menutup komponen penting menggunakan plastik. Hal ini akan mengurangi resiko motor kemasukan air.

Selain itu, ikat kabel busi dengan plastik. Jangan lupa perhatikan saringan udara serta tutup oli.

  • Menjaga Filter Udara

Filter udara atau lubang penyedot udara harus dijaga agar tidak kemasukan air. Khusus motor skuter matik (skutik), komponen ini biasanya dibuat lebih tinggi agar sulit kemasukan air.

Apabila filter udara benar-benar kemasukan air, jangan lupa untuk segera dibersihkan. Caranya,  buka lubang pembuangan pada bagian bawah boks CVT dan boks filter.

  • Tunggu Hingga Genangan Air Turun

Cara yang paling aman ialah menunggu hingga genangan air tidak terlalu tinggi. Namun, hal ini tentu akan menyita lebih banyak waktu.

Pengendara dengan cukup waktu dan tak ingin mengambil resiko bisa memilih cara ini. Jangan lupa cari tempat aman untuk menaruh kendaraan dan menunggu hingga jalan yang akan dilalui bisa dilewati.

Artikel Terkait