Cara Bayar Pajak Motor Satu dan Lima Tahunan

Menjadi kewajiban, pemilik kendaraan harus mengetahui cara bayar pajak motor agar tak mengalami kendala

Cara Bayar Pajak Motor Satu dan Lima Tahunan
Photo: Wuling.id

TRENOTO – Seluruh pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak setiap 1 tahun dan penggantian pelat setiap 5 tahun, tak terkecuali motor. Meski dilakukan secara rutin, masih banyak pemilik kendaraan bingung dan tak mengetahui cara bayar pajak motor.

Terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan, pemilik kendaraan bisa menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau Signal dan pergi ke Samsat terdekat.

Syarat pembayaran pajak satu tahun

khusus pembayaran pajak satu tahun, pemilik harus menyiapkan empat dokumen utama. Hal ini harus dilengkapi guna mempermudah prosesnya.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik asli dan fotokopi
  2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  3. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi
  4. Surat kuasa disertai materai, tanda tangan, dan KTP pemberi kuasa bila diwakilkan

Lebih fleksibel, pembayaran pajak satu tahun bisa dilakukan di beberapa lokasi. Hal ini berbeda dengan pembayaran pajak lima tahun yang hanya bisa dilakukan di kantor Samsat.

Tempat pertama ialah pembayaran di gerai Samsat Keliling. Menggunakan mobil, Samsat keliling biasanya menghampiri lokasi-lokasi strategis seperti area parkir.

Hanya digunakan untuk membayar pajak tahunan, lokasi ini relatif lebih sepi dibandingkan Samsat resmi. Namun, pemilik kendaraan perlu mengetahui lebih dulu lokasi pembayaran pajak.

Photo : NTMC Polri

Lokasi selanjutnya ialah Samsat Corner, berada di dalam pusat perbelanjaan, pemilik kendaraan bisa menghampiri lokasi ini sekaligus membawa keluarga berjalan-jalan.

Selanjutnya, Anda bisa mendatangi kantor induk Samsat. Namun, pemilik kendaraan yang membayar pajak tahunan biasanya menghindari lokasi ini karena antriannya cukup panjang.

Artikel Terkait