Cara Cek Tarif Tol di Jalan, Cegah Malu Karena Kurang Saldo

Sangat mudah, pengemudi perlu mengetahui cara cek tarif tol agar tak kekurangan saldo saat harus membayar

Cara Cek Tarif Tol di Jalan, Cegah Malu Karena Kurang Saldo
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Saat melintasi jalan bebas hambatan atau biasa dikenal tol, pengendara perlu mengetahui cara cek tarif tol yang harus dibayarkan agar tak menjadi penyebab kemacetan akibat saldo uang elektronik kurang di gerbang pembayaran.

Mencegah kekurangan pembayaran secara non tunai, pengemudi bisa melakukan hal ini meski telah berada di jalan. Sangatlah mudah, pengemudi bisa melakukan hal ini secara online dengan ponsel pintar.

Meski demikian, sebaiknya pengemudi berhenti terlebih dulu dan mencari lokasi rest area terdekat sebelum menggunakan ponsel pintar. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas karena kurangnya konsentrasi.

Untuk lebih jelasnya, TrenOto telah merangkum cara melakukan pengecekan tarif jalan tol secara online seperti dilansir Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat (4/3/2022). Berikut ulasannya:

  1. Tahap pertama ialah membuka laman resmi bpjt.pu.go.id.
  2. Saat menggunakan ponsel pintar untuk membuka lama ini, pengemudi harus memilih ikon garis tiga di sebelah kanan atas. Sedangkan yang menggunakan komputer atau laptop bisa memilih tarif tol.
  3. Bila sudah melakukan hal ini, pengemudi akan mendapatkan beberapa sub menu. Jangan lupa pilih cek tarif tol.
  4. Setelah itu isi ruas jalan tol, gerbang masuk, gerbang keluar dan golongan kendaraan.
  5. Pengemudi secara otomatis akan mengetahui besaran tarif tol karena informasi yang diperlukan akan muncul usai melalui tahapan yang diberikan.

Photo : Jasa Marga

Isi Uang Elektronik

Setelah mengetahui besaran tarif yang akan dibayar, pengemudi perlu mengetahui nominal saldo pada uang eletronik. Terdapat beberapa cara yang bisa dipilih pengemudi.

Cara pertama ialah menggunakan fitur pendukung pada ponsel pintar. Pertama-tama pengemudi harus menepikan terlebih dahulu kendaraan di rest area, gunakan fitur NFC dan tempelkan uang elektronik di tempat yang disarankan.

Beberapa kendaraan saat ini juga telah memiliki fitur ini. Tak hanya melakukan pengecekan, beberapa ponsel juga telah terintegrasi dengan mobile banking sehingga bisa melakukan pengisian saldo.

Namun, bagi pengemudi yang tak mendapatkan dukungan dari ponsel pintar, bisa menggunakan mesin ATM atau mampir ke minimarket di rest area. Pastikan transaksi yang dilakukan berhasil sebelum meninggalkan lokasi.

Artikel Terkait