Cara Membersihkan Kabin Mobil di Masa Pandemi

membersihkan mobil khususnya di masa pandemi seperti saat ini, sangat diharuskan karena bisa mencegah tertularnya penyakit

Cara Membersihkan Kabin Mobil di Masa Pandemi
Photo: 123RF

TRENOTO – Rutin membersihkan kabin mobil di masa pandemi merupakan suatu keharusan agar bisa terhindar dari risiko tertular penyakit.

Kabin yang bersih merupakan idaman semua pengguna mobil. Namun di masa pandemi seperti saat ini, kebersihan interior menjadi sebuah keharusan meskipun kendaraan jarang digunakan.

Dengan membersihkan kabin mobil, akan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan. Rasa khawatir juga diminimalisir sehingga setiap orang yang berada di dalamnya merasa aman dan nyaman.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Cuci Mobil

Pandemi covid-19 membuat banyak orang berdiam diri dan melakukan pekerjaan dari dalam rumah. Momen ini akan sangat baik dimanfaatkan untuk membersihkan mobil, baik eksterior maupun interior.

Dengan memanfaatkan waktu luang, mencuci mobil bisa dilakukan dengan leluasa seperti menyasar kolong bodi, kabin bagian bawah hingga bagasi. Keluarkan karpet kabin seluruhnya dan cuci hingga bersih.

Tidak hanya itu, keringkan karpet dengan benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

  • Vacuum

Untuk membersihkan kabin, Anda bisa memanfaatkan penyedot debu atau vacuum cleaner. Alat ini digunakan untuk menghapus kotoran halus yang mungkin tidak kasat mata.

Vacuum pada umumnya juga memiliki selang yang bisa menjangkau area sudut yang sulit dijangkau tangan kosong. Dalam menggunakan alat ini, Anda juga perlu menggunakan masker guna mencegah debu yang terangkat kemudian terhirup ke dalam tubuh.

Photo : 123RF

Lalu area pembersihan juga mengarah pada bagasi mobil. Meskipun tidak pernah digunakan sekalipun, bagian ini tetap harus dibersihkan.

Proses pembersihan juga menyasar tempat penyimpanan roda khususnya pada kendaraan jenis sedan. Tempat penyimpanan dongkrak dan kunci-kunci juga jangan sampai luput dari perhatian.

  • Cairan pembersih

Menggunakan cairan pembersih yang sesuai peruntukkannya akan membuat kinerja lebih mudah dan menyeluruh. Dipasaran terdapat berbagai cairan pembersih yang spesifik seperti jok (kulit atau fabric), dashboard, kaca dan lain sebagainya.

Penggunaan cairan yang sesuai peruntukkannya, berguna agar setiap komponen yang dibersihkan tidak mengalami kerusakan.

  • Desinfektan

Di masa pandemi seperti saat ini, cairan desinfektan sangat diperlukan untuk membunuh kuman hingga virus. Alat ini berguna untuk membuat kabin tetap steril dan higienis.

Dalam memilih cairan ini, Anda juga wajib memperhitungkan kandungan yang terdapat di dalamnya. Pastikan cairan tersebut tidak mengandung benzene agar tidak membuat iritasi pada kulit dan paling parahnya menyebabkan kanker.

Artikel Terkait