Cara Membersihkan Kaca Helm yang Praktis

cara membersihkan kaca helm yang praktis tanpa mengeluarkan banyak biaya apalagi harus pergi ke tempat cuci umum

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Praktis
Photo: 123RF

TRENOTO – Helm merupakan alat penting dalam berkendara khususnya roda dua atau sepeda motor. Fungsi helm sendiri adalah untuk melindungi kepala yang tidak lain adalah anggota tubuh nan vital.

Menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor jangan hanya karena takut ditilang polisi saja. Namun balik lagi urusan keamanan dan keselamatan di perjalanan.

Memiliki helm tentunya tidak boleh melupakan urusan perawatan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan mempertahankan fungsinya untuk tetap melindungi secara optimal.

Salah satu perawatan yang tidak boleh diabaikan adalah kaca helm atau biasa disebut visor. Komponen helm satu ini berperan memberikan pandangan yang jelas pada jalan di depan.

Apabila kerap diacuhkan pandangan menjadi buram dan tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan. Berikut cara membersihkan kaca helm secara benar dirangkum dari laman resmi Suzuki Indonesia.

Bersihkan Secara Rutin

Dalam perawatan kaca helm yang paling sederhana adalah mengelap sebelum dan sesudah digunakan. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan kain halus atau microfiber agar tidak menggores visornya.

Sebelum melakukan hal di atas sebaiknya diperiksa terlebih dahulu apakah terdapat kotoran atau tidak. Jika ada maka bersihkan dahulu menggunakan cairan pembersih khusus atau minimal air bersih.

Photo : TrenOto

Cairan tersebut akan membuat kotoran yang menempel lebih mudah terangkat. Sehingga potensi baret halus pada kaca atau visor bisa dihindari.

Untuk proses maksimal, sebaiknya kaca dilepas dari cangkangnya. Cara melakukannya berbeda-beda setiap merek, umumnya tertera pada buku manual atau bisa melalui video tutorial di Youtube.

Jika masih ragu, baiknya serahkan pada ahlinya. Saat sudah banyak tempat yang menyediakan jasa pencucian helm.

Seperti disebutkan di atas selain kaca helm, secara keseluruhan alat pelindung kepala ini harus secara rutin dibersihkan. Terutama setelah melakukan perjalanan jarak jauh dan melintasi wilayah berdebu.

Photo : istimewa

Kotoran yang menempel bisa membuat penampilan tampak kusam. Lebih jauh kotoran bisa menyumbat lubang-lubang ventilasi sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Penempatan helm juga harus diperhatikan jika tidak digunakan. Pastikan tidak terkena sinar matahari langsung dan terhindar dari siraman air hujan.

Biasakan menyimpan helm berikut sarung khusus dan jauhkan dari benda-benda yang berpotensi bisa menggores helm.

Artikel Terkait