Cara Memeriksa Pajak Kendaraan dari Rumah

Memeriksa pajak kendaraan dari rumah kini bisa dilakukan dengan lebih mudah bila dibandingkan era masa lalu

Cara Memeriksa Pajak Kendaraan dari Rumah
Photo: Katadata

TRENOTO – Memeriksa pajak khususnya sebelum melakukan pembayaran jual beli kendaraan bekas adalah sebuah langkah bijak. Dengan melakukan hal tersebut maka calon pemilik akan mengetahui status pajak mobil atau motor yang hendak dibeli bermasalah atau tidak.

Kini pemeriksaan pajak bisa dilakukan lebih mudah dibanding sebelumnya. Pasalnya masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor samsat tapi cukup memanfaatkan beberapa fasilitas dari kepolisian.

Cara Memeriksa Pajak Kendaraan dari Rumah

Website

Photo : Samsatdigital

Cara paling umum adalah dengan memanfaatkan situs resmi pajak di masing-masing provinsi. Ada beberapa provinsi yang sudah menyediakan layanan pajak online seperti Sulawesi Tengah, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Riau, Jawa Tengah dan Aceh.

Ketika berada di website, maka Anda tinggal memasukan nomor kendaraannya serta NIK (optional). Jika Anda berada di provinsi yang belum memiliki layanan online, maka Anda bisa mengecek pajak secara langsung ke kantor Samsat.

Sebagai contoh adalah DKI Jakarta yang memiliki alamat situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ untuk memeriksa pajak. Masyarakat cukup memasukkan nomor polisi dan huruf di belakangnya lalu klik ‘bukan robot’ kemudian ‘Cari’.

Sementara untuk provinsi Jawa barat bisa melakukan pemeriksaan di https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ dengan memasukkan huruf depan, nomor polisi serta huruf belakang. Kemudian pilih warna pelat, klik kode pengaman dan ‘cari’.

Aplikasi di Smartphone

Photo : Toyota

Cara lain untuk memeriksa pajak kendaraan adalah memanfaatkan aplikasi e-Samsat yang dibuat oleh pihak Kepolisian. Aplikasi ini diklaim telah dibuat dengan standar keamanan tinggi dan telah sesuai aturan perundang-undangan.

Dengan menggunakan aplikasi online ini, maka masyarakat bisa mengetahui jumlah SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) dan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Aplikasinya bisa didapatkan di Play Store.

Melalui Pesan Singkat atau SMS

Pemeriksaan pajak kendaraan juga bisa dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Namun metode ini hanya bisa dilakukan untuk membayar pajak tahunan

Hampir sama dengan pengecekan melalui website, karena cara pengecekan pajak ini belum mencakup seluruh provinsi.

Contoh penggunaan layanan di wilayah DKI Jakarta:

  • Ketik ‘METRO [Plat Nomor Mobil Anda]’
  • Lalu kirimkan SMS ke nomor 1717

Atau Anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu:

  • Ketik *368#
  • Silahkan pilih menu 1 Polda Metro Jaya atau menu 2 Informasi mengenai pajak kendaraan bermotor
  • Lalu masukkan nomor kendaraan Anda
  • Lalu klik ok

Artikel Terkait