Cara Mencegah Ban Mobil Benjol dan Mengetahui Penyebabnya

Selain kebocoran, salah satu masalah yang sering dialami pemilik kendaraan terkait si kulit bundar ialah ban mobil benjol

Cara Mencegah Ban Mobil Benjol dan Mengetahui Penyebabnya
Photo: Suzuki Indonesia

TRENOTO –  Selain mengalami kebocoran dan kembangan semakin menipis, masalah yang sering terjadi pada ban ialah timbulnya benjolan. Penyebab utama ban mobil benjol, yakni putusnya benang sehingga tidak ada penahan pada sisi kiri dan kanan.

Saat ban terisi udara, maka tekanan pada kendaraan akan menekan karet samping, sehingga benjolan akan muncul. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Untuk lebih lengkapnya, TrenOto telah merangkum penyebab dan cara mencegah ban mengalami benjolan, seperti dilansir Suzuki Indonesia, Rabu (8/12/2021).

Penyebab Ban Mobil Benjol 

Awal mula kondisi ini terjadi karena tekanan udara yang kurang atau berlebih menghantam benda keras, seperti trotoar atau batu. Dinding ban yang tertekuk dan tergencet antara pelek serta permukaan jalan membuat benang baja pada ban putus. 

Tak hanya itu, kerusakan suspensi juga bisa menjadi penyebab benjolan pada ban. Berfungsi meredam getaran mobil, kerusakan yang dialami akan membuat kendaraan terasa sangat keras ketika dikendarai. Hal ini mempengaruhi bantingan roda kendaraan. 

Saat suspensi rusak artinya ban akan bekerja lebih keras terutama saat menghantam benda keras.

Resiko yang Terjadi Jika Mengendarai Ban Benjol

Dilihat dari kondisi fisik ban, benjolan yang terjadi ternyata memiliki resiko besar saat mobil dikendarai. Ban yang benjol tidak mampu menahan tekanan dari beban mobil serta gesekan pada aspal. Resiko terbesarnya adalah ban pecah atau mengalami kebocoran. 

Ketika ban pecah akan sangat berbahaya jika pengemudi tengah memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Photo : Suzuki Indonesia

Cara Mencegah Munculnya Benjolan pada Ban Mobil

Harga ban yang mahal sering menjadi alasan mengapa pengemudi terus menggunakan ban yang telah benjol. Untuk mencegah hal ini terjadi ternyata sangat mudah.

Berikut tips mencegah ban mobil mengalami benjolan :

Artikel Terkait