Cara Mengemudi di Musim Hujan yang Aman dan Nyaman

Mengemudi di musim hujan bukanlah pekerjaan mudah karena pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan kondisi kendaraan

Cara Mengemudi di Musim Hujan yang Aman dan Nyaman
Photo: Auto2000

TRENOTO – Berkendara saat hujan bukanlah sebuah pekerjaan ringan karena kondisi jalan akan lebih sulit ditaklukkan ketimbang kondisi normal. Beragam persiapan harus dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk memastikan berkendara tetap aman.

Pada mobil, ada beberapa komponen yang harus mendapatkan perhatian khusus karena menyangkut keamanan dan keselamatan berkendara. Dengan memberikan perhatian pada komponen tersebut maka pengendara bisa lebih tenang kala mengemudi di waktu hujan .

Berikut adalah 6 komponen yang harus menjadi perhatian saat mengemudi di musim hujan.

Ban Mobil

Memeriksa kondisi ban mobil sebenarnya adalah kegiatan yang wajib, apapun cuacanya. Namun, pemeriksaan ini harus dilakukan lebih sering di musim hujan karena komponen berwarna hitam tersebut akan bekerja lebih maksimal.

Perlu diketahui bahwa bidang kontak ban dengan jalan sangatlah terbatas, kondisi tersebut akan diperparah ketika hujan turun. Untuk itu, pastikan untuk memberikan tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar daya cengkeram tetap optimal di jalanan.

Periksa pula ketebalan alur ban melalui Tread Wear Indicator (TWI). Selain itu, bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak mengganggu kinerja ban serta pastikan tidak ada potensi sobek atau benjol di ban.

Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki juga harus mendapat perhatian dari pemilik kendaraan. Hal ini diperlukan karena sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber pecah atau bahkan peredam kejutnya rusak, akan membuat mobil susah dikendalikan

Wiper Mobil

Photo : 123RF

Salah satu komponen yang paling utama kala musim hujan adalah wiper. Mobil ini berfungsi untuk mengusap air dari kaca sehingga meningkatkan jarak pandang pengemudi.

Namun karena wiper biasanya tidak digunakan saat musim kemarau maka kemungkinan karetnya getas sehingga perlu diganti.

Kelistrikan Mobil

Sistem kelistrikan pada mobil biasanya bekerja lebih berat ketimbang cuaca normal. Hal ini karena ada banyak komponen yang bekerja secara bersamaan dan membutuhkan daya besar.

Oleh sebab itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi.

Sistem Rem Mobil

Photo : Auto2000

Kondisi rem selalu menjadi satu komponen yang tidak boleh dilupakan saat pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan. Hal ini karena rem bekerja dengan ekstra berat di musim hujan karena jalanan licin. Oleh sebab itu, pastikan kampas rem beserta piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem rem.

AC Mobil

Umumnya pengendara akan menutup kaca pintu ketika turun hujan lebat. Untuk menjaga kabin tetap nyaman maka AC harus dinyalakan. Selain itu, AC juga berfungsi menjaga kaca mobil agar tidak berembun. Untuk itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan pada AC agar kenyamanan berkendara tidak berkurang.

Artikel Terkait