Cara Mudah Cek Tarif Tol pakai Google Maps

Cara Mudah Cek Tarif Tol pakai Google Maps sehingga masyarakat bisa menyiapkan dana sesuai kebutuhan

Cara Mudah Cek Tarif Tol pakai Google Maps
Photo: Trenoto

TRENOTO – Kehadiran teknologi navigasi serta tol yang sudah semakin tersambung membuat masyarakat kini semakin gemar untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Pasalnya mereka sudah tidak perlu lagi khawatir tersesat di tengah jalan.

Salah satu navigasi yang paling banyak digunakan adalah Google Maps. Selain mudah digunakan, data jalan pada aplikasi juga cukup lengkap sehingga pengguna dapat memilih rute sesuai keinginan.

Keunggulan lain adalah banyaknya pilihan rute alternatif serta perkiraan waktu perjalanan. Berkat fitur tersebut, pengguna bisa menentukan jalur tercepat sehingga menghemat waktu perjalanan.

Tak hanya itu, Google Maps juga memiliki fitur baru yaitu menunjukkan tarif tol di rute yang dilalui. Berkat fitur tersebut maka masyarakat bisa menyiapkan dana sebelum melakukan perjalanan.

Fitur ini baru tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat, India, Jepang dan Indonesia. Semua jenis smartphone pun bisa menikmati fitur terbaru tersebut sejak April 2022.

Cara Mudah Cek Tarif Tol pakai Google Maps

Photo : Jasa Marga

Cara mengaktifkan fitur ini pun sebenarnya sangat mudah karena fitur akan langsung aktif ketika pengguna memasukkan rute perjalanan yang hendak dituju. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan kendaraan jenis mobil.

Bila ternyata tidak muncul, kemungkinan Anda belum menggunakan versi terbaru. Silahkan langsung ke Play Store atau App Store untuk melakukan update.

Jika aplikasi sudah menggunakan versi terbaru namun fitur belum muncul maka kemungkinan Anda belum menyalakannya. Untuk itu silahkan klik settings kemudian navigation dan aktifkan tarif tol.

Ganjil Genap

Photo : Korlantas Polri

Selain memiliki fitur memeriksa tarif tol di Google Maps, aplikasi juga bisa menunjukkan jalur yang sesuai pelat nomor kendaraan. Dengan demikian diharapkan masyarakat tidak terjebak aturan ganjil genap.

Cara aktivasinya pun mudah, cukup dengan membuka aplikasi dan klik directions untuk melihat rute. Pastikan jenis kendaraan yang dipilih adalah mobil.

Setelah rute muncul, klik ikon tiga garis vertikal pada pojok kanan atas layar dan pilih route option. Setelah itu akan ada pilihan pelat nomor ganjil atau genap.

Pilihlah sesuai pelat nomor kendaraan dan klik done. Dengan demikian jalur perjalanan akan menyesuaikan kebutuhan.

Artikel Terkait