Cara Periksa BPKB Secara Online, Lebih Singkat dan Cepat

Periksa BPKB secara online membuat masyarakat lebih cepat untuk memastikan keaslian dokumen kendaraan

Cara Periksa BPKB Secara Online, Lebih Singkat dan Cepat
Photo: pribadi

TRENOTO – Salah satu tantangan dalam membeli mobil bekas adalah memeriksa keaslian surat-surat kendaraan. Membeli mobil yang surat-suratnya tidak asli tentunya akan sanget merugikan karena dapat terlilit masalah hukum di masa depan.

Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah salah satu dokumen yang harus diperiksa keasliannya secara teliti. Terlebih belakangan semakin banyak dokumen kendaraan palsu beredar di pasaran.

Namun kini memeriksa BPKB sudah semakin mudah bila dibanding sebelumnya. Pasalnya, memeriksa BPKB tidak lagi perlu mendatangi Samsat karena pemilik kendaraan cukup memeriksanya secara online.

Sayangnya, layanan hanya berlaku untuk beberapa wilayah saja dengan cara berbeda-beda. Hal ini tentunya disayangkan karena masyarakat di beberapa wilayah masih harus mendatangi Samsat untuk memastikan keaslian BPKB.

Cara Periksa BPKB Secara Online di DKI Jakarta

Photo : NTMC Polri

  • SMS ke nomor 1717 dengan format: METRO (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: METRO B1111BK.
  • Mengunjungi situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ lalu masukkan plat nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Cek BPKB online Jawa Barat

  • SMS ke nomor 3977 dengan format: poldajbr (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: poldajbr d1212aa.
  • Kamu juga bisa cek plat nomor jabar dengan mengunjungi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ kemudian memasukkan plat nomor kendaraan dan warna kendaraan.

Cek BPKB online Banten

  • Unduh aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat) melalui PlayStore.
  • Pilih Info PKB dan masukkan nomor polisi lalu klik Cari.

Aplikasi Cek BPKB Online

Photo : NTMC Polri

Selain itu, ada juga cara untuk memeriksa BPKB calon pembeli mobil bekas juga bisa menggunakan aplikasi aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Tim Pembina Samsat Nasional untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Untuk menggunakannya pun terbilang mudah karena hanya perlu memasukkan data diri dan kendaraan. Pada aplikasi ini, masyarakat akan mendapat informasi seputar besaran PKB dan SWDKLLJ kendaraan yang berkaitan dengan besaran pajak kendaraan.

Aplikasi ini sudah dapat diakses di beberapa daerah di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat. Diharapkan dengan adanya kemudahan maka masyarakat bisa lebih tenang untuk membeli mobil bekas.

Artikel Terkait